sfidn - Mengulik Kandungan Nutrisi dalam Kuning Telur dan Putih Telur

Mengulik Kandungan Nutrisi dalam Kuning Telur dan Putih Telur

sfidn.com – Kandungan nutrisi dalam kuning dan putih telur sering diperdebatkan terkait bagian telur mana yang lebih sehat dan aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Meski berada di dalam satu cangkang yang sama, kuning telur dan putih telur memiliki perbedaan nutrisi yang cukup signifikan. 

Dengan memahami perbedaan kandungan nutrisi di antara kedua bagian telur tersebut, Anda akan bisa memilih bagian mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Kandungan Nutrisi Kuning Telur dan Putih Telur

1. Protein

Protein adalah kandungan nutrisi yang paling banyak ditemukan dalam telur. Bagian kuning dan putih telur, keduanya menyediakan jumlah protein yang berbeda.

Putih telur kaya akan protein, terutama dalam bentuk albumin. Dalam satu butir telur, bagian yang berwarna putih ini mengandung sekitar 3,6 gram protein sehingga menjadikannya pilihan utama bagi orang-orang yang membutuhkan asupan protein tinggi.

Sedangkan pada kuning telur, meski ukurannya lebih kecil tapi mengandung sekitar 2,7-3 gram protein per butir.

 

2. Lemak

Kandungan lemak antara kuning telur dan putih telur sangat berbeda yang dapat mempengaruhi pilihan Anda dalam mengonsumsinya.

Kuning telur mengandung lebih banyak lemak. Sebagian besar berupa lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, kuning telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Sedangkan putih telur hampir tidak mengandung lemak sama sekali. Ini menjadikannya pilihan ideal bagi Anda yang menjalankan diet rendah lemak.

 

3. Vitamin

Setiap bagian telur memberikan profil vitamin yang berbeda. Kuning telur cenderung lebih kaya akan vitamin A, D, E, dan K sedangkan putih telur kaya akan vitamin B kompleks.

Kuning Telur:

Vitamin A dalam kuning telur berbentuk retinol yang penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D adalah salah satu sumber vitamin D alami yang penting untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium. 

Vitamin E dalam kuning telur berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Sementara itu, Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang sehat dan kesehatan tulang.

 

Putih telur:

Bagian putih telur kaya akan Vitamin B kompleks, seperti B2, B3, B5, dan B6. Vitamin B2 yang dikenal juga sebagai riboflavin, penting untuk metabolisme energi dan kesehatan sel-sel tubuh. 

Putih telur juga mengandung niacin atau vitamin B3 yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. 

Selain itu, putih telur mengandung asam pantotenat atau vitamin B5 yang penting untuk metabolisme energi dan pembentukan hormon serta sedikit vitamin B6 yang diperlukan untuk fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

 

4. Mineral

Kuning telur dan putih telur juga memiliki profil mineral yang berbeda sehingga Anda bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap hanya dengan mengonsumsi satu butir telur utuh.

Kuning Telur:

Kuning telur mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen. 

Selenium dalam kuning telur pun sangat bagus untuk tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan dan mendukung sistem kekebalan.

Fosfor dalam kuning telur dapat menjaga kesehatan tulang dan mendorong metabolisme energi yang normal. Sementara zinc berperan dalam pertumbuhan sel dan penyembuhan luka.

 

Putih Telur:

Putih telur mengandung kalium, yang penting untuk keseimbangan cairan dan fungsi otot. Kandungan lainnya, ada Magnesium yang diperlukan untuk fungsi otot dan saraf yang normal.

Putih telur juga mengandung natrium yang menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan serta sedikit kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

 

5. Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam kuning telur dan putih telur menjadi salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi seseorang dalam memilih bagian telur favoritnya.

Kuning telur memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yaitu sekitar 186 miligram per butir. Ini perlu diperhatikan bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol atau penyakit jantung.

Putih telur memiliki kadar kolesterol yang sangat rendah, bahkan hampir bebas kolesterol. Oleh karena itu, putih telur sering direkomendasikan bagi mereka yang sedang membangun massa otot tanpa takut kolesterolnya meningkat.

 

Meskipun kuning telur dan putih telur mengandung nutrisi yang sangat luar biasa dan bermanfaat bagi tubuh tetapi beberapa kandungan mungkin tidak cocok bagi kondisi kesehatan atau tujuan kebugaran tertentu sehingga penting untuk mengonsumsi dengan bijak.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#nutrisi  #telur 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article