sfidn - Mental Health Gym, Samakah dengan Gym pada Umumnya?

Mental Health Gym, Samakah dengan Gym pada Umumnya?

sfidn.com - Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal gym sebagai tempat untuk latihan fisik dengan berbagai alat olahraga. Namun, sejak pandemi COVID-19 ini, tempat gym pun semakin berkembang pesat, tidak lagi hanya untuk fisik, tetapi juga untuk mental Anda agar tetap sehat. Konsep inilah yang akhirnya dikenal dengan mental health gym.

Apa itu mental health gym?

Sederhanya, mental health gym adalah tempat untuk melatih pikiran Anda. Lebih khusus lagi, ini adalah gym yang menawarkan Anda kelas, sesi latihan, dukungan, atau perawatan untuk kesehatan mental.

Konsep ini bisa dibilang baru dan belum banyak tersedia di luar sana, termasuk Indonesia. Namun, jika Anda menemukan gym tempat Anda berlatih juga menyediakan fasilitas ini atau gym yang memang khusus untuk ini, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkannya.

Melansir dari Healthline, gym untuk kesehatan mental menyediakan pilihan secara tatap muka yang menggabungkan pelatihan mental dengan pelatihan fisik, atau secara virtual yang akan beralih ke tatap muka saat kondisi sudah lebih aman.

Konsep yang relatif baru ini telah membuat atlet, selebritis, dan orang-orang pada umumnya jadi lebih concern dengan pentingnya perawatan kesehatan mental. Selain itu, juga membuktikan bahwa latihan fisik sangat berdampak pada kesehatan mental.

Pelayanan apa saja yang dapat Anda peroleh?

Perlu diingat bahwa ini tidak sama seperti tempat konseling atau terapi layaknya Anda berkunjung ke dokter psikolog atau psikiater, melainkan mental health gym menawarkan Anda:

1. Sesi kebugaran emosional

Salah satu kelas yang ditawarkan oleh mental health gym adalah sesi kebugaran emosional (emotional fitness).

Anda akan berbagi cerita (sharing) atau tanya jawab dengan kelompok kecil Anda tentang apa pun yang berkaitan dengan kesehatan mental, misalnya persahabatan, hubungan percintaan, keluarga, pekerjaan, dan lainnya.

Umumnya, sesi kebugaran emosional ini berlangsung 1 jam selama 8 minggu. 

Menurut Dr. Vaneeta Sandhu yang dilansir dari Healthline, sesi ini dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan lebih personal, karena selain Anda bisa mendengar apa yang dikatakan seseorang, Anda juga melihat apa yang mereka alami secara langsung. 

2. Sesi sharing dengan konselor

Kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan di gym kesehatan mental adalah sharing dengan penasihat atau konselor yang telah disediakan. Konselor ini bisa berupa seorang yang profesional atau memiliki pengalaman serupa dengan Anda. 

Jika Anda mengikuti kelas ini, Anda bisa memperoleh pandangan yang lebih spesifik dengan apa yang Anda rasakan saat ini. Sesi ini juga memberikan pilihan sharing dalam bentuk grup atau secara individu sesuai kenyamanan Anda.

3. Olahraga ringan

Meski fokusnya terhadap kebugaran mental, bukan gym namanya jika tidak ada olahraga atau latihan fisiknya. Hanya saja, jenis latihannya berhubungan dengan kesehatan mental, seperti yoga, meditasi, teknik pernapasan dalam, hingga latihan kardio dengan intensitas ringan.

Seberapa populerkah mental health gym?

Ya, gym untuk kesehatan mental ini semakin populer sejak pandemi COVID-19 melanda. Tidak hanya orang yang terserang COVID-19 yang mengalami stres dan depresi, melainkan orang yang berdiam diri di rumah pun juga bisa mengalaminya.

Menurut Kaiser Family Foundation, sekitar 4 dari 10 orang dewasa mengalami gejala depresi atau gangguan kecemasan selama pandemi. Ini naik dari tahun 2019, yang mana hanya 1 dari 10 orang dewasa yang melaporkan hal yang sama.

Dan tahukah Anda apa yang lebih mengejutkan lagi? Sebuah artikel New York Times mengungkapkan bahwa para profesional kesehatan mental mengalami kesulitan untuk mengelola kebutuhan kliennya sejak kasus melonjak, termasuk soal asuransi.

Oleh sebab itu, mental health gym hadir untuk membantu orang-orang yang juga ingin meningkatkan kesehatan mentalnya. Dengan kata lain, Anda tidak hanya sehat secara fisik, tetapi sehat secara mental juga

Mengapa gym kesehatan mental patut dipertimbangkan?

Mental health gym adalah pilihan tepat untuk Anda yang mencari solusi kesehatan mental yang modern dan mudah diakses. Gym ini memiliki waktu yang lebih fleksibel sesuai dengan jam terbang Anda, serta harga yang lebih terjangkau.
 
Terlebih lagi, kebanyakan orang enggan pergi ke terapis atau dokter psikolog karena stigma dan biaya, misalnya takut dihakimi atau tidak didukung. Jauh lebih mudah dan lebih dapat diterima secara sosial jika Anda mengikuti kelas untuk tujuan perawatan diri daripada menemui terapis untuk mendapatkan bantuan.

Gym untuk kebugaran mental juga cocok untuk Anda yang belum siap dengan keintiman terapi individu. Ini adalah awal yang bagus untuk membuka pikiran Anda dan membuat Anda berpikir lebih banyak tentang apa yang Anda alami. 

Anda pun lebih mudah untuk bersikap proaktif tentang kesehatan Anda, tidak perlu lagi mencari terapis, memeriksa apakah layanannya memotong asuransi Anda, dan memastikan apakah Anda cocok dengannya atau tidak.

Cukup daftar kelas gym ini secara online dan Anda bisa langsung terhubung ke komunitas yang orang-orangnya punya tujuan sama dengan Anda. 

Plus, pusat kebugaran kesehatan mental adalah tempat untuk meningkatkan respons Anda terhadap stres dan mengasah keterampilan inti Anda sebelum berada dalam masa krisis.

Tetap, ini bukanlah satu-satunya solusi!

Perlu menjadi catatan juga bahwa sekuat apa pun potensi mental health gym, ini tetap memiliki batasan yang tidak boleh dilewati. Misalnya, konselor atau penasihat yang bukan profesional tidak dapat memberikan diagnosa dan meresepkan obat-obatan.

Pada akhirnya, Anda tetap membutuhkan bantuan terapis atau dokter psikolog – meskipun beberapa faktor dapat menghalangi Anda.

Pusat kebugaran kesehatan mental adalah gerbang awal untuk Anda memahami apa yang Anda rasakan. Namun, dalam perjalanan untuk benar-benar sembuh, Anda tetap membutuhkan bantuan terapis atau dokter psikolog.

Jadi, konsep mental health gym dapat berjalan beriringan dengan terapis atau dokter psikolog dalam meningkatkan kesehatan mental Anda, bahkan bisa menjadi solusi preventif yang efektif.

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • GRW Health (2021). So, what’s a Mental Health Gym?
  • Healthline (2021). I Tried a Mental Health Gym — Here’s What I Learned.
  • HelpGuide (2021). The Mental Health Benefits of Exercise.
  • Panchal et al. (2021). The Implications of COVID-19 for Mental Health and Substance Use.
  • Psychology Today (2021). The Dawn of the Mental Health Gym.
  • The Washington Post (2021). What is an ‘Emotional Push-Up’? Exploring the Concept of Mental Health Gyms.

 
Tags:
#gym  #kesehatan mental  #mental health  #mental health gym  #kebugaran mental  #gym untuk kesehatan mental  #gym untuk kebugaran mental 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article