sfidn - Pantangan Fitness yang Tidak Boleh Diabaikan saat Melakukan Latihan

Pantangan Fitness yang Tidak Boleh Diabaikan saat Melakukan Latihan

sfidn.com – Ada beberapa pantangan atau larangan yang tidak boleh diabaikan saat melakukan fitness jika ingin mendapatkan hasil latihan yang sempurna sesuai dengan keinginan atau pun tujuan Anda.

 

Pantangan Fitness yang Tidak Boleh Diabaikan saat Melakukan Latihan

Anda mungkin pernah mendengar kalimat, seperti “jangan  lupa pemanasan”, “jangan lupa peregangan”, “jangan lupa makan sebelum olahraga”, atau kalimat perintah dan pantangan lainnya yang menuntut Anda untuk mengikutinya saat akan, sedang, atau telah melakukan fitness.

Kalimat seperti itu muncul bukan tanpa alasan. Mereka ingin membantu Anda mendapatkan hasil latihan yang optimal serta menjaga Anda dari bahaya yang mungkin terjadi jika ada pantangan yang dilanggar

 

8 Pantangan Fitness yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa pantangan fitness penting untuk dipatuhi agar latihan Anda berjalan dengan lancar tanpa ada halangan atau hambatan yang berarti serta Anda bisa mendapatkan manfaat dan hasil yang optimal.

Berikut adalah delapan pantangan fitness yang perlu Anda ketahui.

 

1. Pantang Merasa Cukup dengan Satu Jenis Latihan Saja

Merasa cukup dengan satu jenis latihan saja menjadi pantangan yang harus Anda hindari saat melakukan fitness.

Setiap jenis latihan memiliki tujuan dan manfaatnya sendiri. Namun, membatasi diri pada satu jenis latihan saja akan sangat merugikan.

Misalnya, Anda hanya fokus pada latihan kardio saja tapi tidak mau mencoba latihan kekuatan, kelincahan, atau yang lainnya. Akibatnya, Anda mungkin akan memiliki tubuh yang ideal tapi tidak memiliki kekuatan, kelincahan, atau pun keseimbangan yang baik.

Contoh lainnya, Anda mungkin hanya fokus pada latihan angkat beban tanpa melakukan kardio. Akibatnya, massa otot bertambah tapi berat badan tidak turun dengan cepat. Alhasil, tampilan tubuh Anda menjadi lebih besar.

Di tempat fitness Anda bisa memanfaatkan berbagai peralatan olahraga. Dengan mengombinasikan berbagai jenis latihan maka Anda akan mampu mengembangkan semua aspek kebugaran dan kesehatan tubuh dengan lebih baik.

Anda tidak hanya bisa menurunkan berat badan tapi juga dapat memiliki otot dan tulang yang lebih kuat atau kelincahan dan keseimbangan yang lebih sempurna. Dengan begitu, Anda bisa memiliki tubuh yang ideal dari segala aspek.

 

2. Pantang Menahan Diri untuk Meningkatkan Intensitas Latihan

Meningkatkan intensitas latihan memang harus dilakukan secara bertahap. Mulai dari meningkatkan berat beban, durasi, hingga penggunaan variasi. Itu karena jika intensitasnya dinaikkan terlalu besar secara mendadak dapat mengakibatkan cedera otot yang parah.

Meski begitu, jika Anda menahan diri untuk meningkatkan intensitas latihan sekecil apa pun hanya karena merasa sudah nyaman dan tidak ingin terlalu lelah maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan kemajuan apa pun dari latihan fitness yang Anda lakukan.

Pada awalnya, otot mungkin tidak terbiasa dengan intensitas kecil yang diberikan sehingga banyak serat otot yang rusak. 

Tetapi, setelah beberapa kali berlatih, otot yang telah menyembuhkan dirinya dan beregenerasi menjadi lebih kuat tidak akan mengalami trauma saat mendapatkan intensitas yang sama. 

Kalau sudah begitu, tidak akan ada lagi sel otot yang rusak sehingga tidak ada kesempatan bagi otot Anda untuk meningkatkan jumlah dan ketebalannya. Alhasil, kekuatan dan kemampuan Anda berhenti di level itu saja.

Maka dari itu, jangan ragu untuk meningkatkan intensitas latihan jika dirasa beban latihan Anda sudah terlalu mudah untuk diselesaikan. 

Bila perlu, buat rencana peningkatan latihan setiap minggunya agar tubuh bisa beradaptasi dengan beban baru secara berkala. Ini adalah kunci keberhasilan jangka panjang dalam latihan fitness.

 

3. Pantang Latihan saat Tubuh Belum Siap

Memaksakan diri untuk latihan saat tubuh belum siap sangat dipantang dalam dunia fitness. Misalnya saja, Anda tidak boleh berlatih angkat beban saat tubuh belum mendapatkan pemanasan yang cukup atau sedang tidak fit karena itu dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tubuh yang belum siap untuk berolahraga akan membuat latihan terasa lebih berat dan otot mengalami stres berlebihan sehingga ada risiko otot mengalami kerusakan secara permanen yang artinya tidak dapat pulih kembali.

 

4. Pantang Mengonsumsi Suplemen Sembarangan

Suplemen dapat menjadi tambahan yang baik untuk meningkatkan performa dan pemulihan tetapi mengonsumsinya tanpa perhitungan yang baik bisa menjadi kontraproduktif. 

Mengonsumsi suplemen dalam dosis yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan jenis dan intensitas latihan yang Anda lakukan dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misalnya saja, Anda bisa kelebihan protein, kekurangan gizi, atau yang lainnya.

 

--- Related Article ---

 

5. Pantang Mengonsumsi Banyak Serat Sebelum Fitness

Meskipun serat adalah bagian penting dari pola makan sehat tetapi mengonsumsi makanan tinggi serat sebelum latihan bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat berolahraga. 

Lebih baik mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, protein, dan lemak sehat sebelum latihan fitness untuk mencegah ketidaknyamanan di perut dan meningkatkan cadangan energi.

 

6. Pantang Olahraga setelah Makan Berat

Makanan memang memberikan energi yang diperlukan selama latihan. Namun, olahraga setelah makan berat dapat mengganggu pencernaan dan mempengaruhi kinerja. 

Idealnya, berikan jeda sekitar 1-2 jam setelah makan berat sebelum melakukan latihan fisik untuk memungkinkan pencernaan selesai dan nutrisi telah diproses dan disebarkan ke seluruh tubuh.

 

7. Pantang Angkat Beban sebelum Pemanasan

Pantang untuk melakukan angkat beban atau latihan fisik lainnya sebelum pemanasan. Pemanasan diperlukan untuk meningkatkan aliran darah ke otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi risiko cedera.

Anda mungkin berpikir telah melakukan pemanasan yang cukup karena banyak gerakan untuk memanjangkan otot. Tetapi ketahuilah, peregangan dan pemanasan adalah dua hal yang berbeda.

Peregangan bertujuan untuk memanjangkan otot agar lebih lentur dan tidak kaku, sedangkan pemanasan adalah usaha untuk meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh melalui latihan kardio, seperti berlari, meloncat, atau sejenisnya.

 

8. Pantang Istirahat sebelum Pendinginan

Anda dilarang istirahat sebelum melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga. Pantangan fitness ini muncul bukan tanpa sebab.

Pendinginan adalah hal yang wajib dilakukan untuk menurunkan risiko kelelahan berkepanjangan, cedera otot, serta penumpukan asam lemak yang sering kali menyebabkan kram, rasa nyeri, dan pemulihan yang lambat.

 

Itu adalah delapan pantangan dalam fitness yang sebaiknya tidak Anda abaikan karena semua itu dapat membantu Anda mendapatkan latihan yang efektif dan hasil yang optimal.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article