sfidn - Pasca Latihan Malah Ngantuk? Ini Sebab dan Cara atasinya

Pasca Latihan Malah Ngantuk? Ini Sebab dan Cara atasinya

sfidn.com - Kita semua sepakat bahwasanya latihan olahraga memiliki banyak manfaat untuk untuk tubuh, baik itu latihan kardio, maupun latihan angkat besi. Selain itu, tubuhpun akan menjadi lebih segar dan bugar saat selesai melakukan latihan. Tapi, ada beberapa orang yang justru merasa ngantuk saat setelah selesai berlatih. Apakah hal tersebut masih terbilang normal? Lalu, apa sebab dan cara mengatasinya? Baca terus artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

 

Kenapa Setelah Olahraga Bisa Mengantuk?

Seharusnya tubuh kita akan menjadi lebih segar dan bersemangat setelah selesai melakukan latihan. Tapi, jika yang terasa adalah mengantuk, hal tersebut masih terbilang normal. Kenapa? hal tersebut dikarenakan tubuh telah bekerja sangat keras selama melakukan latihan. Mengutip dari laman resmi livestrong, ada lima hal yang menyebabkan tubuh menjadi mengantuk setelah berlatih, yaitu:

 

1. Tubuh sangat jarang berlatih, dan tubuh baru melakukan latihan secara rutin. Hal tersebut membuat tubuh harus beradaptasi dan merespon kelelahan dengan rasa kantuk setelah beberapa jam berhenti berlatih.

2. Terlalu rendahnya kadar gula darah.

3. Mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan

4. Terlalu tingginya intensitas latihan

5. Mengalami overtraining atau latihan berlebih. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mengantuk. Seorang psikiater dari Amerika bahkan menyatakan hal tersebut bisa menyebabkan cedera, tulang kropos, hingga gangguan makan.

 

Tapi bagaimana jika latihan yang dilakukan sudah cukup rutin dan lama tapi masih merasa ngantuk setelah berlatih. Maka kemungkinan lainnya adalah Anda mengalami masalah kesehatan seperti anemia, gangguan hormon, atau masalah pada sistem metabolisme tubuh. Selain itu, periksalah kembali jam tidur Anda. Tubuh yang kurang tidur bisa menjadi penyebab hal tersebut. Untuk itu, The National Sleep Foundation menyarankan untuk tidur setidaknya 7-9 jam permalam untuk menghindari rasa ngantuk yang datang setelah berlatih.

 

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika Anda merasakan hal ini, disarankan untuk tetap berlatih secara rutin, dengan begitu tubuh akan bisa beradaptasi dan terbiasa dengan latihan yang Anda lakukan. Lambat laun, rasa ngantuk tersebut akan hilang dan bahkan energi Anda akan lebih meningkat. Hal tersebut telah ditelti dalam jurnal yang diterbitkan oleh The University of Georgia Research Magazine, para peneliti melaporkan bahwa latihan yang dilakukan secara teratur akan mampu meningkatkan energi dan mampu melawan rasa lelah. Bahkan, mereka yang kurang sehat pun akan mampu mendapatkan energi ekstranya saat mampu berlatih secara teratur.

 

Selain itu, perhatikan pula asupan energi Anda sebelum berlatih, seperti mengonsumsi cairan yang cukup dan asupan lainnya yang mampu menunjang latihan Anda. Kenapa? karena hal tersebut mampu membuat gula darah menjadi lebih stabil dan meminimalisir rasa lelah yang datang. Konsumsilah makanan yang kaya akan karbohidrat, protein dan rendah lemak minimal 3 jam sebelum berlatih. Jika semua itu sudah Anda lakukan namun masih saja merasa ngantuk, disarankan untuk memeriksa kesehatan Anda pada dokter atau ahli medis yang tepat.

 

--- Related Article ---

 

Namun, Olahraga dan Tidur Memang Berkaitan Erat

Seirang professor neurologi dan juga direktur UCLA Sleep Disorders Center bernama Alon Avidan menerangkan bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal tersebut juga di dukung dengan penelitian yang melaporkan bahwa mereka yang mengalami insomnia mampu tidur lebih nyenak setelah rutin melakukan latihan selama 4 bulan lamanya. Oleh karena itu, jika Anda memang menginginkan kualitas tidur yang baik, lakukanlah latihan olahraga secara rutin minimal 3-4 kali selama seminggu berdurasi 30 menit lamanya. Hal ini akan jauh lebih baik dilakukan daripada berlatih hanya seminggu sekali selama 2 jam. Kenapa? karena rasa panas yang dihasilkan oleh tubuh pasca latihan akan perlahan-lahan mendingin pasca latihan. Saat suhu tubuh sudah stabil, maka otak akan menerima sinyal yang membuat tubuh menjadi kantuk, dan membuat tidur menjadi lebih nyenak. Saat terbangun nanti, tubuhpun akan jauh lebih segar dan berenergi.

 

Referensi:

1. https://www.livestrong.com/article/524901-does-exercising-cause-you-to-be-tired-all-the-time/ 

2. https://www.livestrong.com/article/380338-why-am-i-so-tired-after-exercising/ 

3. https://www.huffingtonpost.com/entry/will-exercise-really-help-me-get-better-sleep_us_592d967de4b0065b20b87ba5


 
Tags:
#workout  #fitness  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article