sfidn - Penyebab dan Solusi Otot Dada Besar Sebelah

Penyebab dan Solusi Otot Dada Besar Sebelah

sfidn.com - Pada umumnya, otot yang berkembang secara tidak seimbang disebabkan oleh salah satu otot yang bekerja membantu otot lain yang cenderung lebih lemah. Oleh karena itu, kalau Anda berlatih dengan menggunakan barbell, maka kedua otot tangan yang Anda gunakan akan bekerja sama untuk mengangkat barbell karena alat barbell menghubungkan beban yang satu dan yang lainnya. Akan tetapi, kerjasama otot tersebut tidak akan terjadi saat salah satu otot Anda lebih kuat dari pada otot yang lainnya, sehingga otot yang lemah akan terus  terbantu dengan otot yang lebih kuat dan menjadi lebih besar dari pada otot yang lebih lemah.

Pada umumnya, solusi yang biasa terpikirkan oleh sebagian orang adalah dengan hanya melatih otot yang lemah seperti melakukan gerak latihan bench press dan menekankan pada otot kiri jika memang otot kiri yang lebih kecil. Cara tersebut tidak disarankan mengingat hal tersebut justru akan menimbulkan banyak masalah seperti:

1. Salah Satu Otot Akan Mengecil

Sebagai perumpaan, saat Anda mengisi balon dengan udara dan menekannya pada satu sisi, maka akan ada sisi yang besar dan yang kecil. Hal tersebut berlaku sebaliknya dan berlaku saat melatih otot dada. Saat Anda hanya melatih salah satu otot dada yang kecil hingga tampak besar, maka otot yang lainnya pun akan menciut atau mengecil karena Anda berpuasa untuk melatih otot tersebut dalam jangka waktu yang lumayan lama.

2. Ketidak Seimbangan Otot Akan Terjadi

Perlu dicatat bahwa berlatih angkat beban bukan tentang hanya melatih satu bagian otot. Saat Anda melakukan gerak bench press, maka otot yang bekerja bukan hanya otot dada saja, tapu ada otot lain yang turun bekerja seperti otot tricep dan otot deltoid. Nah, jika latuhan Anda hanya berfokus melatih salah satu otot yang berkembangnya lebih kecil, maka otot lainnya yang turut bekerja pun pasti akan mengalami ketidakseimbangan, dan ukurannya pun akan berbeda dengan sisi otot yang lainnya.

3. Beresiko Cedera

Hal lainnya yang patut diperhatikan adalah bahwa banyaknya latihan yang dilakukan perlu diseimbangkan antara sisi kanan dan sisi kiri tubuh. Nah, saat Anda berlatih dengan memfokuskan pada satu sisi tubuh, maka otot yang lain pun akan berusaha keras untuk bisa menjaga keseimbangan tubuh, dan jika beban yang digunakan terlampau berat, maka akan berpotensi cedera otot. Contohnya adalah saat Anda melakukan latihan gerak bench press yang berfokus dengan satu sisi tubuh, maka otot punggung bawah, dan otot perut akan berusaha untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak bergerak ke arah yang lainnya.

Mengingat  melatih salah satu otot dada yang kecil itu sangat tidak disarankan, maka solusinya adalah dengan berlatih menggunakan dumbbell, seperti mengganti latihan barbell bench press dengan dumbbell bench press. Hal tersebut bertujuan guna memutus kerjasama yang terjadi antar kedua otot. Dengan begitu, otot akan bekerja mengangkat berat yang sama dengan kekuatannya sendiri dan pada akhirnya tumbuh kembang otot akan seimbang. Beberapa gerakan dumbbell yang bisa Anda lakukan Adalah:

1. Flat Dumbbell Press

2. Decline Dumbbell Press

3. Incline Dumbbell Press

 

4. Flat Dumbbell Flies

 

5. Decline Dumbbell Flies

 

6. Cable Crossover

 

7. Pec Dek

 

--- Related Article ---

Itulah penyebab dan solusi untuk mengatasi otot dada yang besar sebelah. Gunakan suplemen susu protein jika di anggap perlu. Sekian dan terimakasih.


 
Tags:
#workout  #otot dada 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article