sfidn - Perlukah Saya Meminum Suplemen Citrulline?

Perlukah Saya Meminum Suplemen Citrulline?

sfidn.com - Dewasa ini, Asam amino Citrulline sudah semakin terkenal karena digunakan pada suplemen agar bisa meningkatkan performa olahraga dan menjaga kesehatan. Citrulline bisa ditemukan pada makanan dan bahkan secara alami tubuh sudah bisa memproduksi citrulline. Namun dengan mengonsumsi suplemen citrulline atau suplemen lain yang mengandung citrulline, maka tentunya akan meningkatkan kadar citrulline di dalam tubuh. 

Beberapa orang percaya bahwa citrulline mampu meningkatkan kesehatan dan performa dalam berolahraga, namun sebagian lainnya lebih memilih skeptis. Maka pada artikel ini, kami akan memberikan pengetahuan kepada Anda tentang Citrulline dan mengapa Anda harus meminumnya.

Apa itu Citrulline?

Citrulline adalah salah satu asam amino yang pertama kali ditemukan dalam semangka. Tubuh manusiapun sebenarnya sudah mampu memproduksi Citrulline.  Tapi, kadar citrulline dalam tubuh bisa Anda tingkatkan dengan cara mengonsumsi makanan atau suplemen yang memiliki kandungan citrulline. Kadar citrulline yang tinggi dalam tubuh mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh dan stamina dalam berolahraga.

Citrulline memiliki peranan yang penting dalam tubuh. Namun, citrulline berbeda dengan asam amino lainnya yang bertugas untuk memproduksi protein. Citrulline berperan penting pada siklus urea, yang apabila siklus urea tidak lancar maka tubuh akan menimbun senyawa yang berbahaya. Sederhananya, siklus urea akan menghilangkan senyawa amonia dalam tubuh yang dibuang melalui urin. Citrulline juga mampu membantu memperbesar pembuluh darah dan juga berperan penting dalam pembentukan otot.

Bagaimana Cara Kerja Citrulline?

Seperti yang sudah dijelaskan, citrulline mampu menghasilkan suatu efek yang penting untuk tubuh. Salah satu cara kerja Citrulline adalah dengan meningkatkan vasodilatasi. Vasodilatasi mengacu pada pelebaran pembuluh darah arteri atau vena sehingga mampu memperlancar aliran darah. Sesaat setelah citrulline masuk ke tubuh, sebagian yang lainnya diproses menjadi asam amino lain yang dikenal dengan arginin. Selanjutnya, Arginin dikonversi menjadi molekul yang dikenal dengan Nitric Oxide (N.O), sehingga terjadi vasodilatasi pembuluh darah dengan cara melemaskkan berbagai sel otot yang sebelumnya menyempit.

Menariknya, Jika Anda mengonsumsi citrulline, maka produktivitas asam amino arginin menjadi lebih banyak jika dibandingkan hanya mengonsumsi makanan atau suplemen yang memiliki kandungan arginin. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan tubuh dalam menyerap arginin dan citrulline.

Adanya peningkatan N.O dan pelebaran pembuluh darah akan sangat terasa pada saat Anda beolahraga. Walaupun Citrulline tidak bekerja dengan cara memproduksi protein, citrulline telah terbukti mampu meningkatkan sintesis protein dengan cara membuka dan memberikan sinyal yang penting pada otoak dalam massa pembentukan otot. Selain itu, Citrulline juga mampu mengurangi potensi hati dalam mengambil asam amino lalu mencegah kerusakannya. Dengan efek sintesis dan pemecahan asam amino ini, citrulline mampu meningkatkan endurance dan power Anda kala latihan.

Beberapa Makanan dan Buah dengan Kandungan Citrulline

 

 

Selain bisa diproduksi oleh tubuh, citrulline juga bisa ditemukan pada makanan. Walaupun sebagian besar makanan lain belum teruji kandungan asam aminonya. Makanan atau buah yang memiliki kandungan asam amino adalah:

 

    • Semangka
    • Labu
    • Timun
    • Melon pahit
    • Labu

Jenis Suplemen Citrulline

Terdapat dua jenis Citrulline pada yang terdapat pada kandungan suplemen, yaitu:

1. L-citrulline

Citrulline Jenis ini merupakan citrulline murni dengan tanpa adanya campuran bahan atau senyawa apapun

2. Citrulline Malate

Citrulline malat merupakan citrulline yang dibuat dengan kombinasi senyawa lain yang biasa disebut malat. Tujuannya adalah guna meningkatkan produktivitas energi.

Walaupun keduanya mampu memberikan efek yang serupa, namun citrulline malate lebih sering dan umumnya digunakan pada campuran suplemen olahraga.

--- Related Article ---

Kesimpulan

Citrulline merupakan salah satu asam amino yang memili banyak manfaat kesehatan. Sampai saat ini, tidak ada efek samping yang terjadi dari penggunaan citrulline. Suplemen citrulline juga mampu melebarkan pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jantung Anda atau meningkatkan performa Anda dalam berolahraga, maka suplemen citrulline bisa Anda jadikan pilihan utama. Semoga bermanfaat.

 


 
Tags:
##nutrisi  #suplemen  #citrulline 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article