sfidn - Postur Badan Bungkuk Memicu Masalah Serius di Masa Depan

Postur Badan Bungkuk Memicu Masalah Serius di Masa Depan

sfidn.com - Postur badan bungkuk sering kali tidak dijadikan perhatian utama seseorang karena ia merasa hal tersebut tidak mengganggu aktivitasnya sehari-hari. 

Namun benarkah jika postur badan bungkuk tidak memberi pengaruh yang negatif, apalagi jika tidak ditangani dengan baik dan secepat mungkin? Mari cari tahu jawabannya berikut ini.  

 

Postur Badan Bungkuk Memicu Masalah Serius di Masa Depan

Postur badan bungkuk disebut juga sebagai kyphosis, yakni kondisi tulang belakang yang  melengkung keluar secara berlebihan sehingga menyebabkan tubuh terlihat membungkuk ke depan.

Tentu saja badan yang bungkuk ini sangat tidak ideal karena dapat memicu masalah tubuh yang serius. Kira-kira, apa penyebab dari kondisi tubuh yang tidak normal ini, ya?  

Penyebab Postur Badan Menjadi Bungkuk

Banyak hal yang bisa menyebabkan badan Anda menjadi bungkuk. Salah satunya adalah posisi duduk yang tidak benar. 

Terutama ketika Anda sedang belajar atau saat Anda menghabiskan waktu di depan layar, seperti komputer, laptop, televisi, atau pun smartphone tanpa memperhatikan posisi duduk yang ideal.

Pemicu lainnya, yakni ketika Anda menggendong tas berat tanpa memperhatikan postur badan yang benar. Tanpa Anda sadari, kebiasaan tersebut akan mengubah postur badan menjadi bungkuk.  

Tas yang berat dapat memberi tekanan pada tulang belakang, leher, dan bahu sehingga tulang dapat bergeser karena harus menjaga keseimbangan tubuh. Sayangnya, jika hal ini terus terjadi maka tulang tidak akan berada di posisi yang tepat secara permanen.

Kurangnya melakukan aktivitas fisik juga dapat memengaruhi posisi tulang Anda. Gaya hidup yang kurang aktif dapat menyebabkan otot-otot punggung menjadi lemah dan tidak dapat mendukung postur tubuh dengan baik.

Selain kurangnya perhatian terhadap postur badan, kondisi medis juga bisa menjadi penyebab mengapa badan menjadi bungkuk. Contohnya saja, osteoporosis, skoliosis, maupun sindrom Marfan.

Bahaya Postur Badan yang Bungkuk 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa postur badan yang bungkuk merupakan kondisi yang tidak normal sehingga akan berdampak pada masalah kesehatan Anda. Jika tidak sekarang maka dampak negatifnya akan terasa di masa depan.

Badan yang bungkuk akan membuat tulang belakang menjadi lelah dan otot terus menegang. Akibatnya, tubuh akan terasa nyeri karena terjadi radang pada sendi. 

Untuk Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa bahaya jika memiliki postur badan yang bungkuk.

1. Gangguan Perkembangan

Postur yang bungkuk akan mempengaruhi pertumbuhan tulang belakang. Bagi Anak-anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, kondisi ini akan membuatnya sulit untuk tumbuh tinggi.

2. Gangguan Emosional dan Psikologis

Seseorang yang memiliki postur bungkuk mungkin saja akan mengalami gangguan emosional, seperti perasaan tidak percaya diri karena terlihat tidak seperti orang dengan postur badan yang normal. 

3. Pengaruh pada Organ Dalam 

Postur yang buruk dapat menyebabkan organ dalam terjepit, sehingga mengganggu fungsi normal mereka.

Misalnya saja, organ paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas, mengalami asma, mengi, mendengkur, maupun penyakit paru lainnya. 

4. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Badan atau punggung yang bungkuk dapat menghambat pencernaan Anda yang karena akan menyebabkan naiknya asam lambung. Masalah lainnya, Anda juga bisa menderita konstipasi atau susah buang air besar (BAB). 

Mengatasi dan Mencegah Postur Badan Bungkuk

Postur badan yang bungkuk bisa saja terjadi akibat kelalaian diri sendiri atau pun karena adanya kondisi medis yang sulit dihindari. 

Meski begitu, apabila Anda menyadari bahayanya sejak dini dan ingin mencegah atau mengatasi masalah tubuh tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

1. Melakukan Aktivitas Fisik dengan Teratur dan Benar

Aktifitas fisik yang dimaksud, yaitu seperti olahraga, bersepeda, berenang, atau yoga. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu memperkuat otot-otot punggung dan menjaga postur tubuh agar tetap ideal. 

2. Menggunakan Teknologi dengan Bijak 

Bermain atau menggunakan gadget memang jadi aktivitas yang menyenangkan sehingga tanpa sadar badan Anda sudah berada pada posisi yang tidak ideal.

Jadi, cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakan teknologi apa pun agar Anda tetap memiliki fokus dan kesadaran yang baik untuk menjaga posisi badan Anda. 

3. Memilih Tempat Duduk dan Meja yang sesuai dengan Tubuh

Rasanya pasti tidak nyaman jika duduk di bangku yang tidak pas untuk tubuh Anda dan akhirnya memaksa tulang maupun otot untuk menyesuaikan diri di tempat yang tidak tepat. 

Sebaiknya, pilih tempat duduk dan meja yang menunjang postur badan agar tidak terlalu membungkuk atau pun terlalu mendongak. 

4. Melatih dan Menjaga Postur Tubuh yang Benar

Meski terasa lelah, teruslah melatih dan menjaga postur tubuh yang benar. Jika sudah terbiasa maka semuanya akan terasa mudah dan akan menjadi kebiasaan baik yang tanpa disadari akan terus Anda lakukan. 

5. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

--- Related Article ---

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memantau perkembangan postur dan mengidentifikasi masalah tulang sejak dini. Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat untuk memiliki postur badan yang ideal. 

 

Tidak sulit kan untuk memahami hal apa saja yang dapat menyebabkan badan menjadi bungkuk dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau pun mengatasinya. Jadi, selamat menerapkan di kehidupan sehari-hari Anda. ***

 

 

 

Referensi:
https://www.happiesthealth.com/articles/pain-management/heres-how-backpacks-impact-your-posture#:~:text=Bags%20do%20affect%20posture%20in,in%20order%20to%20maintain%20balance

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17671-kyphosis#:~:text=Kyphosis%20is%20a%20spinal%20condition,%E2%80%9D%20or%20%E2%80%9Cround%20back.%E2%80%9D 

https://cordus.us/how-to-correct-hunchback-posture-consequences/ 

https://indianexpress.com/article/health-wellness/misdiagnosed-hunchback-13-years-kyphosis-8672396/ 


 
Tags:
#postur tubuh  #bungkuk  #postur badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article