sfidn - Sebelum Olahraga Sebaiknya Mandi atau Tidak?

Sebelum Olahraga Sebaiknya Mandi atau Tidak?

sfidn.com – Beberapa orang menganggap kalau mandi sebelum olahraga itu sia-sia karena tubuh akan kotor lagi sehingga mereka akan mandi setelahnya saja.

Namun, beberapa ahli menyebutkan kalau mandi sebelum olahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya, meningkatkan sirkulasi darah yang dapat mengurangi risiko cedera.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mandi sebelum olahraga, terutama menggunakan air yang hangat. Apa saja alasannya? Mari kita bahas dengan lebih dalam.

 

Manfaat Mandi Air Hangat sebelum Olahraga

Dibandingkan dengan air dingin, mandi air hangat sebelum olahraga bisa memberikan banyak manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mandi sebelum olahraga menggunakan air hangat bisa memperlebar pembuluh darah sehingga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otot. 

Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk membawa oksigen dan nutrisi ke otot-otot yang akan bekerja lebih keras selama olahraga. Dengan begitu, otot tidak akan mudah kaku, pegal, atau pun cedera.

 

2. Melemaskan Otot

Mandi air hangat membantu melunakkan jaringan otot sehingga membuatnya lebih fleksibel. Fleksibilitas otot yang meningkat memungkinkan Anda melakukan gerakan dengan jangkauan yang lebih baik selama olahraga.

Otot yang lebih rileks juga akan mengurangi risiko tarikan otot atau ketegangan otot selama aktivitas fisik sehingga Anda bisa berolahraga dengan aman dan nyaman.

 

3. Meningkatkan Suhu Tubuh

Mandi air hangat bisa secara alami meningkatkan suhu inti tubuh, sebuah proses yang membantu tubuh beradaptasi lebih cepat dengan kondisi olahraga yang intens.

Saat suhu tubuh meningkat, respons fisiologis tubuh menjadi lebih baik, termasuk peningkatan detak jantung dan pernapasan yang lebih dalam.

Ini membantu mempersiapkan tubuh untuk menghadapi intensitas olahraga yang lebih tinggi, seperti lari cepat atau angkat beban berat.

 

4. Membantu Proses Pemanasan (Warming Up)

Mandi air hangat sebelum olahraga secara tidak langsung dapat membantu proses pemanasan (warming up) agar berjalan lebih cepat dan efektif. Dengan begitu, otot Anda tidak akan “kaget” saat mulai bergerak yang bisa menyebabkan cedera.

 

5. Meningkatkan Motivasi dan Suasana Hati 

Mandi sebelum olahraga bisa meningkatkan motivasi dan suasana hati karena rasa lelah atau pun kantuk menghilang, terutama di pagi hari atau setelah seharian bekerja. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai sesi olahraga.

Baca Juga:

Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga yang Perlu Anda Tahu

 

Mandi Air Dingin setelah Olahraga

Jika air hangat lebih dianjurkan sebelum melakukan sesi olahraga maka akan lebih baik jika Anda mandi air dingin setelah olahraga.

Ada beberapa keuntungan jika Anda mandi air dingin setelah olahraga, seperti:

  • Menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di tubuh
  • Mengurangi peradangan atau pembengkakan
  • Mengurangi gejala DOMS
  • Mengurangi rasa kantuk setelah olahraga
  • Memberikan kesegaran dan energi
  • Meningkatkan suasana hati
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mempercepat pemulihan otot
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

 

Kesimpulan

Meski bukan hal yang wajib tetapi mandi sebelum olahraga lebih dianjurkan agar tubuh Anda, baik dari segi fisik maupun mental menjadi lebih siap untuk melakukan latihan yang intens.

Anda boleh mandi dengan air dingin atau pun hangat. Namun, lebih dianjurkan untuk menggunakan air hangat sebelum olahraga dan air dingin setelah olahraga.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #mandi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article