sfidn - Straps Gym 101: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakan

Straps Gym 101: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakan

sfidn.com – Straps gym atau yang disebut juga sebagai lifting straps atau weightlifting strap merupakan salah satu aksesoris penting bagi para pecinta gym, terutama bagi mereka yang fokus pada latihan kekuatan seperti angkat beban, seperti powerlifter dan bodybuilder.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam apa itu straps gym, manfaatnya, jenis-jenisnya, dan cara menggunakannya dengan benar.

 

Apa Itu Straps gym?

Straps gym adalah tali yang dirancang untuk melilit pergelangan tangan dan batang beban seperti barbell atau dumbbell. Tujuannya untuk memberikan dukungan ekstra agar pengguna bisa menggenggam beban dengan lebih erat sehingga cengkraman tangan tidak mudah lepas.

Umumnya, straps gym memiliki lebar sekitar 1-1,5 inci dan panjang sekitar 12-22 inci. Aksesoris gym ini biasanya terbuat dari kulit, nilon, atau kanvas.

Penting untuk Anda ketahui bahwa straps gym berbeda dari wrist wraps. Straps gym digunakan untuk meningkatkan daya cengkeraman saat mengangkat beban berat, sedangkan wrist wraps berfungsi untuk melindungi dan menstabilkan pergelangan tangan.

 

Manfaat Straps gym

Manfaat straps gym sangat beragam, beberapa di antaranya adalah:

1. Menguatkan Cengkeraman Tangan

Dengan menggunakan straps gym, genggaman dan cengkraman tangan pada palang akan menjadi sangat erat sehingga mengurangi risiko beban terlepas dari tangan saat berlatih.

 

2. Mengurangi Risiko Iritasi dan Cedera

Dengan menggunakan straps gym atau lifting straps, Anda bisa mengurangi risiko terjadinya iritasi dan cedera.

Beban yang Anda angkat akan memberikan gesekan dan tekanan langsung pada telapak tangan. Jika tidak menggunakan straps maka tangan Anda bisa mengalami iritasi.

Selain itu, cengkraman tangan yang tidak kuat juga bisa meningkatkan risiko cedera jika beban sampai terjatuh.

 

3. Meningkatkan Kemampuan dalam Angkat Beban

Straps gym bisa membantu Anda fokus pada otot-otot yang ditargetkan tanpa khawatir cengkeraman tergelincir. Dengan begitu, Anda bisa mengangkat beban menjadi lebih berat serta menambah repetisi untuk hasil latihan yang maksimal.

 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika menggunakan straps gym, Anda bisa merasa lebih terhubung dengan beban yang digunakan sehingga membantu meningkatkan rasa percaya diri untuk menyelesaikan repetisi dan set yang lebih berat.

 

Baca Juga:

Alat-alat Gym untuk Memperkuat Cengkeraman Tangan Anda

 

Jenis-Jenis Straps gym

Ada beberapa jenis straps gym yang bisa dipilih sesuai kebutuhan latihanmu:

1. Closed-Loop Straps

Closed-loop straps adalah jenis straps gym paling umum yang digunakan oleh atlet angkat beban. Ujung talinya dijahit sehingga membentuk loop (lingkaran) yang dapat memberikan genggaman yang lebih aman. Untuk melepaskan alat ini dari tangan juga lebih mudah.

 

2. Lasso Straps

Lasso straps mudah disesuaikan dengan berbagai ukuran palang dan biasanya lebih nyaman digunakan untuk para pemula. Meski begitu, beberapa pengguna merasa jenis straps ini kurang fleksibel untuk latihan overhead seperti clean and jerk.

 

3. Figure-8 Straps

Figure-8 straps cocok digunakan untuk latihan deadlifts, heavy pulls, dan latihan menarik beban lainnya. Jenis straps ini lebih kuat dan keras sehingga cengkraman tangan Anda akan sangat erat dan tidak mudah terlepas. Meski begitu, memasang dan melepas figure-8 ini akan sedikit lebih sulit.

 

4. Free Straps

Free straps adalah jenis straps berupa kain bebas yang tidak dijahit sehingga penggunaannya menjadi lebih fleksibel. Namun, butuh keahlian untuk menggunakan straps ini dengan benar.

 

Baca Juga:

9 Efek Samping Gym Bagi Wanita yang Perlu Diperhatikan

 

Cara Memilih Straps gym yang Tepat

Sebelum membeli straps gym, pertimbangkan beberapa faktor berikut:

Jenis Straps gym

Sesuaikan jenis straps gym dengan latihan. Contohnya, lasso straps yang serbaguna bisa untuk melakukan latihan bodybuilding, sementara closed-loop lebih cocok untuk angkat beban tipe clean and jerk karena mudah dilepaskan.

 

Bahan

Bahan straps gym juga penting untuk Anda perhatikan. Bahan katun biasnaya lebih nyaman karena dapat menyerap keringat, sedangkan nilon lebih tahan lama dan mudah dilepaskan, sementara bahan kulit memberikan stabilitas tertinggi meski butuh waktu untuk menyesuaikan.

 

Jahitan dan Tekstur

Pastikan straps gym memiliki jahitan yang kuat dan tidak mudah melar agar tali tidak cepat longgar. Straps juga sebaiknya bertekstur agar daya gesek meningkat untuk membantu cengkeraman lebih kuat.

 

Straps gym bisa memberikan banyak manfaat untuk latihan kekuatan yang Anda lakukan. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan gunakan straps dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#gym  #bodybuilder  #powerlifter 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article