sfidn - Suplemen Antioksidan yang Ampuh Tingkatkan Sistem Kekebalan

Suplemen Antioksidan yang Ampuh Tingkatkan Sistem Kekebalan

sfidn.com – Mengonsumsi suplemen antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bermanfaat untuk melindungi Anda dari berbagai serangan penyakit yang membuat kesehatan tubuh menurun.

Di artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis suplemen antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Antioksidan dan Cara Kerjanya?

Sebelum membahas jenis-jenis suplemen antioksidan yang bisa Anda beli di apotek, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang  dapat membantu melindungi sel-sel tubuh, protein, dan DNA dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul atau atom yang tidak stabil karena memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan.

Oleh karena itu, radikal bebas cenderung merusak sel-sel sehat dalam tubuh saat ia ingin menstabilkan diri dengan mengambil elektron dari molekul lain.

Sedangkan cara kerja antioksidan, yaitu dengan menyumbangkan salah satu elektronnya sehingga radikal bebas tidak perlu lagi mencari elektron dari molekul lain. Proses ini dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang lebih lanjut.

Radikal bebas yang tidak segera dinetralkan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penuaan dini, penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, alzheimer, parkinson, kanker, dll.

 

Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Dengan memiliki jumlah antioksidan yang cukup maka ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, seperti:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif
  • Mengurangi peradangan dalam tubuh
  • Mencegah penuaan Dini
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Mendukung fungsi otak
  • Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung
  • Menyehatkan sistem pencernaan

 

Jenis-jenis Suplemen Antioksidan

Beberapa jenis antioksidan bisa ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Namun, belum tentu jumlahnya cukup untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen antioksidan bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan sehingga Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Ada berbagai jenis suplemen antioksidan yang dapat Anda beli dengan mudah di apotek, seperti:

 

1. Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) adalah salah satu jenis antioksidan yang dikenal ampuh memperkuat sistem kekebalan karena dapat meningkatkan produksi serta fungsi sel darah putih yang merupakan komponen utama dari sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, Vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan, mengurangi risiko penyakit jantung, serta meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari nabati.

Anda bisa mendapatkan Vitamin C dari beberapa jenis makanan, seperti jeruk, stroberi, kiwi, paprika, brokoli, dan tomat atau membeli suplemen Vitamin C di apotek terdekat.

 

2. Vitamin E

Suplemen antioksidan lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah Vitamin E yang merupakan antioksidan larut lemak yang penting untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Vitamin E dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan mencegah pembentukan plak di arteri yang sering menyebabkan penyakit jantung.

Selain dalam bentuk suplemen, beberapa jenis makanan juga mengandung Vitamin E yang tinggi, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, dan minyak sayur.

 

3. Selenium

Selenium adalah mineral yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, melawan infeksi virus, serta menurunkan risiko kanker tertentu.

Makanan yang mengandung selenium, contohnya kacang brazil, ikan, daging, telur, dan biji-bijian. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen selenium yang tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.


4. Zinc

Meski bukan termasuk antioksidan tetapi zinc memiliki peran yang sangat penting dalam sistem antioksidan tubuh.

Zinc adalah mineral esensial yang terlibat dalam banyak proses biologis manusia, termasuk fungsi enzim yang melawan kerusakan oksidatif.

Suplemen zinc dalam membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Caranya dengan mendukung aktivitas enzim antioksidan, seperti superoxide dismutase (SOD).

Oleh karena itu, kekurangan zinc dapat menyebabkan lemahnya respons imun dan meningkatkan risiko infeksi.

Suplemen zinc tersedia dalam beberapa bentuk, seperti tablet, kapsul, dan lozenges (permen). Sedangkan makanan yang mengandung zinc tinggi, yaitu daging, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu.

 

5. Beta-Karoten

Beta-karoten adalah pigmen yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran berwarna cerah. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan sel-sel imun, penglihatan, dan kulit. 

Vitamin A juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan respons terhadap infeksi. Oleh karena itu, Vitamin A juga bisa dijadikan sebagai suplemen antioksidan dan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko obat terdekat.

Sedangkan makanan yang mengandung beta-karoten, contohnya adalah Wortel, ubi jalar, bayam, dan labu.

 

6. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 (CoQ10) adalah antioksidan yang bisa diproduksi secara alami dalam tubuh atau pun Anda dapatkan dari pengonsumsian makanan dan suplemen. Jenis antioksidan ini penting untuk fungsi seluler. 

Suplemen CoQ10 dapat membantu menghasilkan energi dalam sel dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, CoQ10 mendukung kesehatan jantung serta dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindari dari penyakit-penyakit kronis, konsumsi Coenzyme Q10 secara rutin sebanyak 75 mg per hari.

Anda bisa menemukan sumber Coenzyme Q10 dari makanan, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan minyak.

 

Itulah beberapa jenis suplemen antioksidan yang dapat Anda konsumsi setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang menurunkan kesehatan Anda di masa depan.

Semua suplemen antioksidan itu bisa dengan mudah Anda temukan di apotek atau toko obat terdekat. Pastikan untuk mengikuti dosis pemakaian yang disarankan pada tabel petunjuk.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#suplemen  #Antioksidan  #radikal bebas 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article