sfidn - Tidur setelah Olahraga, Aman atau Tidak?

Tidur setelah Olahraga, Aman atau Tidak?

sfidn.com – Sering kali muncul pertanyaan apakah tidur setelah olahraga itu aman atau malah memberi dampak negatif bagi tubuh manusia.

Pada dasarnya, tidur dan olahraga menjadi dua faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Mengenai hal ini, ada pandangan yang berbeda-beda. Supaya dapat menjawabnya secara tepat, kita perlu memahami lebih dalam tentang bagaimana tidur dan olahraga saling berhubungan serta memberi pengaruh bagi tubuh.

Pentingnya Olahraga untuk Kesehatan

Sebelum membahas pertanyaan terkait keamanan tidur setelah olahraga, mari kita ulas terlebih dahulu mengenai pentingnya olahraga untuk kesehatan. Olahraga memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Kondisi Jantung dan Pembuluh Darah

Olahraga yang teratur dapat memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung dan masalah kardiovaskular dapat berkurang.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Olahraga membantu Anda membakar kalori dan lemak di dalam tubuh sehingga Anda dapat menjaga berat badan yang ideal. 
Tentu saya ini sangat penting untuk mencegah obesitas dan masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Aktivitas fisik yang dilakukan dengan cukup dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. 

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk memulihkan tubuh dan pikiran sehingga Anda tidak akan cepat lelah, baik secara fisik maupun mental. 

4. Meningkatkan Suasana Hati dan Mengurangi Stres

Olahraga dapat merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon bahagia yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan secara alami mengurangi tingkat stres.

Dengan begini, Anda akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan tentunya bahagia. Anda pun akan siap menghadapi kehidupan yang begitu dinamis. 

5. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Olahraga akan memperkuat otot serta meningkatkan fleksibilitas sehingga Anda tidak akan mudah merasa lelah dan terhindar dari risiko cedera akibat aktivitas fisik.

Manfaatnya pun akan Anda rasakan di masa depan ketika Anda akan tetap memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang baik meskipun sudah memasuki usia lanjut. 

Dengan mengetahui seberapa besar manfaat olahraga, kita dapat memahami pentingnya menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat. 

Di sisi lain, kita juga perlu memperhatikan aktivitas tidur setelah olahraga karena sedikit atau banyaknya akan ada efek dari kegiatan tersebut.

Tidur dapat Memulihkan Tubuh

Ketika Anda tidur, tubuh memiliki waktu untuk beristirahat dan memulihkan dirinya setelah beraktivitas sepanjang hari. Selama tidur, tubuh melakukan sejumlah fungsi penting, termasuk:

1. Memperbaiki dan Membangun Jaringan Tubuh

Saat tidur, tubuh memperbaiki jaringan dan sel yang rusak akibat aktivitas sehari-hari, termasuk kerusakan yang mungkin terjadi selama berolahraga.

2. Memproses dan Mengonsolidasikan Informasi

Tidur bisa membantu otak memproses dan mengonsolidasikan informasi baru yang Anda dapat. Alhasil, Anda tidak akan mudah melupakan informasi tersebut dan dapat memahami makna yang terkandung dengan lebih baik. 

3. Mengatur Sistem Hormon

Selama tidur, tubuh juga mengatur produksi hormon, termasuk hormon yang terkait dengan pertumbuhan dan pemulihan otot.

Maka dari itu, tidak aneh jika orang dengan kualitas tidur yang baik memiliki pertumbuhan yang lebih maksimal. 

4. Mengistirahatkan Sistem Saraf

Tidur membantu mengistirahatkan sistem saraf sehingga Anda bisa merasa lebih segar dan bertenaga daripada sebelumnya. 

Namun, bagaimana tidur setelah olahraga dapat mempengaruhi tubuh Anda? Apakah langsung tidur setelah berolahraga itu bermanfaat atau malah sebaliknya?

 

--- Related Article ---

 

Tidur Setelah Olahraga: Keuntungan dan Risiko

Penting untuk diingat bahwa tidak ada pendekatan yang cocok untuk semua orang. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat tidur setelah olahraga, sementara lainnya menyoroti risikonya. 

Keuntungan Tidur Setelah Olahraga

1. Pemulihan Fisik yang Lebih Cepat

Anda tentu ingin mendapatkan tubuh yang bugar dengan cepat meski sebelumnya sangat lelah setelah berolahraga. 

Maka dari itu, Tidur setelah olahraga dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot yang rusak selama latihan.

2. Peningkatan Pertumbuhan Otot

Saat tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang berperan penting dalam pembentukan otot. Tidur yang cukup membantu memastikan bahwa proses ini berjalan dengan baik.

Ingat bahwa otot yang sehat dapat membantu Anda mengurangi kalori dan lemak dengan cepat meski beberapa hari melewatkan olahraga. 

3. Mengurangi Stres pada Tubuh

Tidur yang cukup membantu Anda mengurangi hormon stres, seperti kortisol sehingga tubuh dapat kembali ke keadaan yang seimbang.

Jika mental Anda sehat maka respon tubuh pun akan baik. Anda akan merasa lebih bahagia dan terpenuhi. 

4. Mengurangi Ketegangan otot

Saat Anda berolahraga secara intens, otot akan menegang dan membuat Anda merasa kesakitan. Terkadang, kondisi ini berlangsung selama beberapa hari. 

Untuk meredakan ketegangan otot tersebut maka Anda dianjurkan untuk mengambil tidur yang cukup. 

Risiko Tidur Setelah Olahraga

1. Gangguan Tidur 

Apa yang Anda rasakan setelah berolahraga? Awalnya mungkin terasa lelah tapi setelahnya Anda akan merasa lebih segar. 

Itu terjadi karena ketika berolahraga, fisik dan mental Anda terstimulasi untuk lebih aktif. Keadaan ini dapat menyulitkan Anda untuk tidur dengan nyenyak.

2. Cedera yang Lebih Parah

Jika seseorang melakukan olahraga yang sangat intens hingga menyebabkan kelelahan ekstrem, tidur langsung tanpa melakukan peregangan atau pendinginan akan meningkatkan risiko cedera otot.

Anda boleh tidur setelah berolahraga asalkan telah melakukan peregangan atau pendinginan sehingga otot tidak tegang. 

3. Gastroesofageal Refluks (GERD) 

Beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti GERD setelah berolahraga. Ini juga disinyalir ada hubungannya dengan makanan yang Anda konsumsi sebelum olahraga. 

Naiknya asam lambung ke kerongkongan saat Anda berbaring akan mengganggu tidur dan menyebabkan ketidaknyamanan yang parah. 

Sebaiknya, jangan berolahraga dua jam setelah makan serta hindari hindari makanan atau minuman yang asam, pedas, mengandung kafein, maupun soda. 

Efek tidur setelah berolahraga bagi beberapa orang bisa saja berbeda. Anda bisa mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan sebelumnya agar dapat beristirahat di waktu dan dengan cara yang tepat. ***

 

Referensi:
https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766 
https://higherdose.com/blogs/news/sleep-after-exercise-should-you-do-it 
https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/sleep-after-workout#pros-and-cons 
https://www.sleepfoundation.org/physical-activity/should-i-nap-right-after-my-workout 


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article