sfidn - Tingkatkan Metabolisme Tubuhmu Dengan 5 Vitamin ini

Tingkatkan Metabolisme Tubuhmu Dengan 5 Vitamin ini

sfidn.com - Memilki sistem metabolisme tubuh yang baik sangat penting agar tubuh mampu memproduksi energi yang cukup untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Untuk itu, menjaga atau meningkatkan metabolisme tubuh yang baik sangat harus dilakukan agar kondisi tubuh bisa tetap fit dan bugar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh kita.

 

1. Vitamin B1

Salah satu vitamin terbaik yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah vitamin B1. Vitamin ini berperan penting dalam memproses karbohidrat dan memiliki peran penting sebagai koenzim dalam bentuk thiamin dipohosphate. Para ahli biokimia berpendapat bahwa senyawa ini mampu membantu tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Beberapa asupan makanan tinggi B1 diantaranya adalah ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, sereal, daging dan sayuran berdaun hijau.

 

2. Vitamin B2

Vitamin B2 terdiri dari dua bagian koenzim, dua bagian tersebut adalah flavin adenine dinucleotide (FAD) dan flavin mononucleotide (FMN). FAD dan FMN memiliki peran yang penting dalam memproduksi energi tubuh. sehingga, vitamin B2 mampu mendorong reaksi metabolik yang ada pada tubuh. Beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan B2 adalah kedelai, susu, bayam, susu kambing, telur, tempe, kacang almonid, dan yoghurt.

 

3. Vitamin B7

Vitamin B7, atau biasa disebut dengan biotin, memiliki peran yang penting dalam glukoneogenesis karena kemampuannya yang mampu mengirim karbon dioksida dalam beragam reaksi sebagai bagian dari pembentukan molekul glukosa yang baru. Salah satu sumber makanan yang kaya akan B7 adalah telur. Namun, sangat penting untuk diketahui bahwa telur mentah adalah salah satu jenis protein yang mampu mencegah penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Untuk itu, konsumsilah telur yang sudah dimasak secara benar atau konsumsilah telur rebus utuh. Beberapa sumber makanan lain yang memiliki kandungan Vitamin B7 adalah kedelai dan daging.

 

4. Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar proses metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Vitamin C bisa Anda dapatkan pada banyak sekali makanan dan buah-buahan, seperti buah jeruk dan anggur.

 

--- Related Article ---

 

5. Vitamin B12

Tubuh yang menerima asupan vitamin B12 akan sangat mampu memecah vitamin tersebut menjadi beragam senyawa. Salah satu senyawa tersebut adalah 5-Deoxyadenosylcobalamin yang diklaim mampu meningkatkan reaksi biokimia guna memetabolisme energi yang didapat dari asupan lemak dan protein. Kandungan vitamin B12 ini bisa didapat dari kerang, hati, gurita, kepiting, lobster, daging sapi, daging domba dan keju.

 

Itulah beberapa vitamin yang mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Anda bisa mencoba mengonsumsi vitamin diatas dalam benrutk suplemen maupun sumber makanan utuh. Namun, Anda juga harus tetap melakukan latihan olahraga yang rutin agar bisa semakin meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Jadi, sudah siapkah Anda dalam menyiapkan sumber vitamin di atas?

 


 
Tags:
#vitamin  #metabolisme 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article