sfidn - Tuna vs Salmon: Manakah Asupan Protein Terbaik?

Tuna vs Salmon: Manakah Asupan Protein Terbaik?

sfidn.com - Ikan adalah makanan sehat yang baik untuk tubuh. Hal tersebut disebabkan ikan mengandung protein, lemak sehat, dan nutrisi penting untuk kesehatan Anda. Tuna dan salmon adalah dua makanan yang mengandung protein tinggi. Meskipun ikan tuna dan salmon memiliki dua kandungan protein yang baik, kedua jenis ikan tersebut memiliki kandungan yang berbeda. 

Apa saja perbedaan antara ikan tuna dan salmon? Yuk, simak informasi yang telah SFIDN rangkum!

Ikan Tuna 

sfidn-tuna

Tuna memiliki warna merah muda hingga tua. Berdasarkan penelitian Comparative study of basic characteristics of ordinary and dark muscle in skipjack tuna (2014), warna ikan tuna berasal dari mioglobin dan hemoglobin. 

Mioglobin merupakan protein yang mengikat oksigen dalam serat otot. Protein ini berfungsi membantu aktivitas otot dan jantung saat aktivitas fisik. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah yang berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke otot dan membawa CO2 (karbondioksida) dari jaringan otot ke paru-paru. 

Daging ikan tuna kurang berlemak. Hal tersebut disebabkan protein ikan tuna lebih tinggi dibandingkan lemak. Jadi, ikan tuna adalah pilihan terbaik bagi Anda yang mencari makanan kaya protein dan rendah lemak. 

 

--- Related Article ---

Ikan Salmon

Salmon

Ikan salmon berwarna merah muda hingga oranye. Daging ikan salmon mengandung karotenoid berwarna-warni yang disebut dengan astaxanthin. Hal itu ditandai dari warna ikan salmon. Selain itu, ikan salmon mengandung lebih banyak kalori dibandingkan tuna. Ikan salmon mengandung lemak baik yang kaya akan omega-3. Ikan salmon juga mengandung nutrisi vitamin D. 

Ada banyak manfaat ikan salmon, di antaranya menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan trigliserida, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

 

Ikan Tuna vs Ikan Salmon: Manakah yang Lebih Sehat?

 

Dalam tiga ons ikan tuna mengandung 110 kalori, 24 gram protein, dan 278 miligram lemak omega-3. Sementara itu, ikan salmon mengandung 160 kalori, 22 gram protein, dan 5 gram lemak. Ikan tuna mengandung 30% vitamin B12. Sementara itu, dalam ikan salmon mengandung 45% vitamin B12. 

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan ikan salmon, sedangkan salmon mengandung kolesterol lebih tinggi daripada ikan tuna. Untuk meningkatkan kesehatan, Anda bisa memilih ikan salmon untuk dikonsumsi, sedangkan ikan tuna bermanfaat untuk meningkatkan massa otot karena mengandung protein yang lebih tinggi, yaitu 21gram. Namun, untuk pemulihan setelah latihan, ikan salmon lebih sehat untuk dikonsumsi karena mengandung asam lemak yang dapat mengurangi peradangan.

 

Referensi

Shulai Liu, dkk. (2014). “Comparative study of basic characteristics of ordinary and dark muscle in skipjack tuna (Katsuwonus pelamis)”. Food Science and Biotechnology, vol 23, (1397–1404).


 
Tags:
#sumber protein  #ikan tuna  #ikan salmon 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article