sfidn - Akibat Konsumsi Daging Ayam Mentah

Akibat Konsumsi Daging Ayam Mentah

sfidn.com - Beberapa penyakit dibawah ini memiliki resiko muncul ditubuhmu yang diakibatkan dari kebiasaan mengkonsumsi daging ayam mentah / raw chicken. Secara umum, orang-orang akan mengolah daging ayam dengan menggorengnya atau membakarnya. Tapi di era kini, telah muncul juga tren baru mengolah makanan khususnya daging ayam yaitu tren mengolah daging setengah matang atau populer dikenal dengan istilah medium rare. Hal ini dikatakan lebih sehat dan memiliki manfaat lebih efektif, tapi tunggu dulu jangan langsung menarik kesimpulan seperti itu bro sis. Faktanya, mengkonsumsi daging ayam yang belum matang, justru beresiko menyebabkan berbagai jenis penyakit dan berbahaya untuk tubuh kita. Mengapa demikian? Karena didalam tubuh ayam sendiri memiliki banyak sekali bakteri, parasit yang masih tetap hidup walaupun ayam tersebut sudah disembelih. Satu-satunya cara untuk membuat daging ayam aman dikonsumsi adalah dengan memasaknya sampai benar-benar matang sehingga organism penyebab penyakit terbunuh secara sempurna. 


Penyakit Akibat Konsumsi Daging Ayam Mentah


1. Flu Burung ( H5N1) 

Virus flu burung dikenal dengan kode penyakit H5N1 yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Virus H5N1 ini berkembang biak dan hidup didalam tubuh ayam dan binatang jenis unggas lainnya. Jika kamu secara tidak sengaja makan ayam yang telah terjangkit virus flu burung dan mengkonsumsinya pada kondisi belum matang, resiko penularan penyakit ini pun semakin tinggi pastinya. Gejala terjangkit penyakit flu burung ini adalah : Merasakan batuk, susah nafas, tenggorokan sakit, demam, nyeri otot, keluarnya cairan dari hidung, dan diare. Berdasarkan data dari WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia) dijelaskan bahwa untuk membunuh virus H5N1 ini membutuhkan suhu 74 derajat celcius untuk menggoreng daging ayam yang akan kamu konsumsi. 


2. Flu Perut / Gastroenteritis

Mengkonsumsi daging ayam yang kurang matang akan memicu terjadinya masalah / sakit pada lambungmu. Penyakit ini disebut dengan gastroenteritis atau flu perut. Dalam kondisi flu perut ini, lambungmu akan mengalami radang dikarenakan infeksi. Gejala terjangkit Gastroenteritis ini dimulai dari : merasakan nyeri perut, diare, demam, muntah, menggigil, dan merasakan dehidrasi. Gejala ini akan kamu rasakan setelah 3 hari mengkonsumsi daging ayam mentah yang mungkin telah terkontaminasi virus / bakteri.


SFIDN Baca juga


3. Sindrom Guillain-Barre

Sindrom ini merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri campylobacter. Bakteri campylobacter berkembang dan hidup pada daging ayam yang mentah dan terinfeksi. Sindrom ini menyebabkan otot akan melemah dan bisa sebabkan kelumpuhan tubuh permanen. Jika kondisi ini tidak ditangani sesegera mungkin, akan menjalar keseluruh tubuhmu. Yang pasti ini sangat membahayakan tubuhmu. Gejala yang muncul diantaranya adalah : Gatal pada tangan dan kaki, nyeri pada otot-otot, detak jantung yang kurang teratur, susah nafas, dan tekanan darah yang terus turun. 


4. Penyakit Tipes / Typhus

Bakteri yang menyebabkan penyakit tipes bernama Salmonella Typhi yang hidup dan berkembang biak didalam tubuh ayam. Yang perlu diketahui, tidak semua ayam mempunyai bakteri ini didalam tubuhnya, penularan bakteri hanya terjadi ketika pedagang ayam / manusia yang telah terinfeksi bakteri calmonella typhi menyentuh ayam tersebut. Gejala penyakit tipus adalah : Merasakan demam yang tinggi, nyeri otot, perut sakit, mual, lemas, dan hilangnya nafsu makan. 


Nah itu dia beberapa penyakit berbahaya yang akan muncul akibat terlalu sering mengkonsumsi daging ayam mentah / setengah matang. Tentunya resiko lebih besar terjadi pada daging ayam yang telah terinfeksi virus & bakteri diatas ya, so keep healthy as always dan jangan lupa berolahraga dan istirahat yang cukup ya!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article