sfidn - Cara Perbesar dan Perkuat Otot Bersamaan

Cara Perbesar dan Perkuat Otot Bersamaan

sfidn.com – Bagaimana cara memperbesar sekaligus memperkuat otot secara bersamaan? Apakah bisa? Bagaimana caranya? Simak dan baca artikel ini sampai habis dan temukan jawaban pertanyaan-pertanyaan diatas bro!

Cara perbesar dan perkuat otot bersamaan

A. Perbedaan antara latihan perbesar dan perkuat otot

Jumlah repetisi pada setiap set adalah kunci utama. Disarankan untuk kamu agar melakukan latihan untuk memperkuat otot dulu, barulah lanjutkan latihan memperbesar ototmu. Kekuatan otot harus menjadi modal utama bagi seorang pemula yang mempunyai fokus menjadi seorang atlet professional nantinya.

B. Semakin bertambah kuat, otot juga akan semakin besar?

Jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak membentuk kekuatan struktur badanmu, kamu akan tetap merasakan lelah dan akhirnya tidak bisa berlatih dengan level tertentu guna memperbesar massa ototmu. Semakin kamu kuat, maka semakin kamu lebih bisa untuk mengangkat bebab yang lebih berat sehingga massa otot cepat bertambah.

C. Bisakah memperbesar sekaligus memperkuat dalam satu waktu?

Jawabannya adalah bisa. Jika kamu merupakan pemula fitness khususnya saat berlatih beban. Kekuatan dan ukuran ototmu mungkin bisa bertambah secara bersamaan. Apa alasannya? Karena ototmu beradaptasi terhadap rangsangan baru. Tetapi, saat kamu sudah mencapai tingkat yang stabil, ototmu akan mulai terbiasa dengan rangsangan tersebut sehingga kamu membutuhkan prioritas latihan, apakah untuk tingkatkan massa otot, atau kekuatan otot.

D. Cara untuk memperbesar otot lebih mudah

Disarankan untuk tidak hanya fokus dalam memperbesar ototmu saja, karena akan membuat ototmu kehilangan fleksibilitas. Otot akan menjadi kurang seimbang. Kamu lebih baik tingkatkan jumlah repetisi dalam satu set dan meningkatkan waktu latihanmu dengan menggunakan metode superset ( 2 gerakan yang melatih 2 kelompok otot yang berhadapan tanpa fase istirahat), dropset ( mengurangi beban secara bertahap sampai kamu tidak mampu mengankatnya lagi ~ failure ), dan juga negative reps ( gerakan yang berbeda dengan gerakan normal pada umumnya ).

E. Cara terbaik melatih kekuatan ototmu

Disarankan untuk melakukan 3 sesi latihan dengan selingan istirahat, dalam satu minggunya. Setiap sesi lakukan latihan beban selama 5 set, masing-masing setnya terdiri 5 repetisi. Latihan tersebut dibedakan menjadi :

a. Gerakan menarik ( latihan deadlift, latihan weighted chin-up)

b. Gerakan mendorong ( latihan weighted dips )

c. Gerakan vertical ( latihan front squat, latihan overhead presses )

F. Perbedaan lama waktu istirahat

Fase resting atau fase istirahat adalah kunci dari masing-masing metode latihan karena ototmu pastinya butuh waktu untuk recovery / pulih setelah berlatih keras. 3 sesi latihan setiap minggu dengan intensitas yang baik pasti sudah cukup. Kamu bisa tambahkan beberapa variasi latihan, seperti latihan yoga, atau latihan ringan lainnya.

G. Pilihan asupan protein yang penting

Wajib. Kamu wajib mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi untuk mendukung proses pembentukan otot tubuhmu. Setiap kali makan, terutama saat sarapan, konsumsilah protein tinggi. Konsumsi juga sumber protein sebelum,selama,dan sesusah berlatih.

--- Related Article ---


H. Tabel Perbedaan antara Meningkatkan kekuatan dan Meningkatkan massa otot

Ternyata jika benar-benar dilakukan secara serius & konsisten, memperbesar sekaligus memperkuat otot secara bersamaan itu tidak mustahil dilakukan bro. Lakukan latihan secara rutin, konsumsi nutrisi sehat & berprotein tinggi, dan akhiri dengan istirahat yang cukup. Semoga berhasil dan selamat berolahraga! Salam fitness Indonesia!


 
Tags:
#Perbesar Otot  #Perkuat Otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article