sfidn - Jenis Latihan Plank untuk Pemula

Jenis Latihan Plank untuk Pemula

sfidn.com – Berbagai jenis variasi latihan Plank berikut ini wajib kamu simak terutama jika kamu masih pemula dan baru saja mencoba olahraga yang bermanfaat untuk membakar lemak perut sehingga perut akan semakin ramping dan seksi.  Latihan Plank dikenal sebagai salah satu jenis latihan yang tepat untuk membentuk perut (Abs). Tetapi, plank dengan segala macam jenisnya, tidak semata-mata hanya berfungsi untuk membakar lemak perut tapi juga dapat melatih otot-otot yang ada di bahu, lengan, punggung, bokong, paha dan kaki. 


Jenis Latihan Plank untuk Pemula


Plank juga merupakan gerakan standar untuk bisa melakukan latihan-latihan lainnya seperti push-up, burpee, dan terutama yoga. Oleh karena itu, plank adalah salah satu gerakan yang tepat untuk mengawali program diet dan latihan mu untuk memiliki tubuh yang ideal, sehat dan kencang. Bagi kamu yang masih pemula, berikut ini adalah beberapa gerakan  variasi plank yang bisa kamu terapkan dengan mudah diantaranya adalah :


1. High Plank


High plank atau full plank merupakan posisi plank yang paling tradisional. Letakkan posisi telapak tangan mu rata dengan lantai dan tepat di bawah bahu. Dengan bertumpu pada tangan dan kaki, angkat lutut dan tarik perutmu hingga membentuk posisi di atas. Saat melakukan plank, bayangkan bahwa ada garis lurus mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki yang harus kamu pertahankan. Pastikan bahwa kepalamu tidak mendongak, punggungmu tidak melengkung dan perutmu tidak turun. Sebagai permulaan, ukur kemampuanmu dengan mempertahankan posisi ini selama beberapa waktu (misalnya 10-15 detik) lalu istirahat selama beberapa detik kemudian ulangi lagi. Kamu bisa meningkatkan waktumu secara bertahap.


2.Knee Plank


Merasakan kesulitan untuk melakukan high plank?  kamu bisa mulai latihan dengan menggunakan modifikasi dari high plank atau yang disebut juga knee plank. Sesuai dengan namanya, latihan ini berarti kamu harus bertumpu pada otot tangan dan lutut dengan tetap mempertahankan badan yang lurus.

SFIDN Baca juga


3. Elbow Plank


Posisi ini lebih sulit dibandingkan high plank, karena kemampuanmu untuk mempertahankan badan yang datar atau tidak melengkung ke atas atau turun ke bawah benar-benar akan diuji. Latihan elbow plank bertumpu pada lengan bawah dan lutut. Kamu bisa meletakkan kedua telapak tanganmu rata dengan lantai atau seperti ilustrasi di atas.


4. Elbow Plank with Raised Leg


Susah atau gampang melakukan elbow plank with raised leg ini? Gak kok. Kalau kamu sudah lolos elbow plank, maka kamu akan dapat dengan mudah mempertahankan posisi ini. Latihan ini merupakan modifikasi dari elbow plank dengan ditambahi beberapa posisi yang membutuhkan keseimbangan. Yup, selain harus mempertahankan badan yang datar dan lurus, kamu juga harus bisa mempertahankan badanmu tetap stabil dengan bertumpu pada 1 kaki secara bergantian. Dijamin setelah ini kamu bakalan mandi keringat!


5. Elbow Side Plank


Diawali dengan posisi elbow plank, kemudian angkat tubuhmu ke satu sisi hingga kamu bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kakimu. Lakukan secara bergantian untuk sisi satunya lagi. Ketahanan dan keseimbangan tubuh memainkan peranan penting dalam posisi ini. Kalau kamu belum bisa sepenuhnya mempertahankan posisi ini, maka bisa dimodifikasi dengan mengubah posisi awal menjadi high plank, meletakkan tanganmu (yang bebas) di pinggang atau meletakkan kedua kakimu ke lantai. Jangan lupa untuk senantiasa berlatih sesuai dengan kemampuanmu ya.


Nah itu dia beberapa jenis latihan variasi plank untuk pemula yang wajib kamu tahu bro / sis! Nah sekarang kira-kira kamu mau coba variasi plank yang mana nih? Selamat mencoba dan salam sehat!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article