sfidn - Kesalahan yang harus dihindari saat melakukan fitness

Kesalahan yang harus dihindari saat melakukan fitness

sfidn.com – Fitness yang baik tidak akan bisa Anda lakukan dengan tanpa persiapan yang matang dan benar. Ada berbagai kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam berlatih dan mengakibatkan hasil latihannya menjadi tidak maksimal, beberapa diantaranya bahkan mengalami cidera. Berikut kesalahan latihan fitness yang sering mereka lakukan.

1. Latihan dengan Perut Kosong

Jangan pernah membiarkan perut Anda kosong jika ingin berlatih karena tubuh memerlukan asupan energi. Oleh sebab itu, konsumsilah sedikit makanan agar Anda tetap bertenaga. Olahraga dengan perut kosong hanya akan membuat otot Anda menciut karena tubuh menggunakan otot sebagai bahan bakar latihan.

2. Mengonsumsi Serat

Selai kacang dan apel memang merupakan camilan yang enak dan sehat. Tapi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika berolahrga. Karena makanan tersebut hanya akan membuat perut tidak nyaman dan bisa membuat Anda ingin buang air besar sehingga konsentrasi latihan Anda akan pecah. Lebih baik Anda mengonsumsi makanan dengan yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein saja.

3. Meminum Energy Drink

Minuman energy drink yang memiliki kandungan kafein memang mampu menambah tenaga Anda, namun kadar gula dalam minuman ini sangatlah tinggi. Hal tersebut akan membuat kadar gula darah Anda meningkat dan bisa turun dengan drastis pula sehingga akan membuat tubuh lemas. Lebih disarankan untuk meminum kopi hitam atau teh hijau tanpa gula, karena akan lebih mampu membakar lemak Anda.

4. Makan Terlalu Banyak

Memang oahraga dengan perut kosong sangat tidak disarankan, namun terlalu banyak makan juga bisa berbahaya. Karena mampu mengakibatkan masalah pencernaan dan membuat Anda tidak konsentrasi selama berlatih. Sehingga, tubuh malah akan menjadi lesu. Untuk itu, konsumsilah makanan secukupnya maksimal 30 menit sebelum berlatih.

5. Menggunakan Baju Berbahan Katun

Menggunakan baju berbahan dasar katun akan cenderung membuat kulit menjadi lembab dan mampu menyebabkan infeksi jamur pada lipatan tubuh. Untuk itu, kenakanlah pakaian khusus yang memang untuk berolahrga karena pakaian ini telah disesuaikan dengan kondisi tubuh ketika berkeringat dan banyak beraktivitas. 

--- Related Article ---

6. Tidak Pemanasan

Langsung melakukan latihan tanpa pemanasan hanya akan meningkatkan resiko cedera. Terlebih lagi jika Anda sudah lama tidak melakukan olahraga. Untuk itu, sediakanlah 5 menit untuk pemanasan agar tubuh siap dalam menerima gerakan fitness yang intens.

Itulah berbagai kesalahan yang wajib Anda hindari saat melakukan fitness, semoga berguna.


 
Tags:
#workout  #fitness  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article