sfidn - Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

sfidn.com – Dibawah ini adalah informasi tentang manfaat dan cara melakukan senam kegel yang wajib kamu ketahui bro / sis! Senam kegel adalah serangkaian gerakan senam yang bermanfaat untuk perbaiki kondisi yang bisa turunkan kekuatan otot panggul bawahmu. Penurunan kekuatan otot ini bisa disebabkan karena persalinan (bagi wanita), penuaan, berat badan berlebih, dan juga karena bekas operasi. 

Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel


Dengan melakukan senam kegel, otot disekitar bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar akan menjadi lebih kencang. Selain itu, senam kagel juga mempunyai manfaat lainnya diantaranya adalah :

1. Untuk Pria, senam kegel bisa membantu tingkatkan performas seksual. Kegel bisa kencangkan otot panggul bawah selama berhubungan seksual dan bisa membantu mengelola ereksi / menunda ejakulasi.

2. Senam kagel bisa mengontrol otot ketika proses buang air kecil.

3. Untuk Wanita hamil, senam kagel memberikan manfaat melancarkan proses persalinan. Otot panggul yang elastic dan juga kuat akan mempermudah jalan lahirnya bayi si ibu nantinya.

Agar hasilnya maksimal, lakukan senam kegel bisa kamu (wanita) lakukan selama masa kehamilan ataupun setelah persalinan. Senam ini juga sangat bermanfaat terutama jika kamu memiliki masalah ini :

- Urine keluar secara tidak sengaja ketika tertawa, batuk, atupun bersin.

- Otot panggul yang melebar dan melemah pasca persalinan yang mengakibatkan turunnya rahim. 

- Melemahnya otot yang mengontrol buang air besar.

SFIDN Baca juga


Setelah tahu tentang berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan dari melakukan senam kegel ini, sekarang saatnya untuk mengetahui tentang bagaimana cara melakukan Senam Kegel. Untuk memulainya, lakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Identifikasi bagian yang disebut otot panggul bawahmu terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Cobalah hentikan keluarnya air urinemu, otot yang bisa menahan keluarnya air urine itulah yang disebut dengan otot pinggul bawahmu. 

2. Kosongkan kandung kemihmu, ambil posisi berbaring / posisi biasa, lalu kencangkan otot panggul dengan cara nomor 1 tadi. Tahan sekitar 5 detik lalu lepaskan, lakukan 4 sampai 5 kali. Tingkatkan durasi dari 5 detik ke 10 detik. Lihat video dibawah ini 




3. Ketika proses pengencangan otot panggul ini, hindarilah mengencangkan otot perut, paha, dan bokongmu. Selain itu, tetaplah jaga kondisi agar tetap bernapas secara santai ya bro sis.

4. Ulagi gerakan diatas sebanyak 3x sehari dengan pengulangan sebanyak 3x10 kali. 


Kamu bisa melakukan senam ini setiap hari untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Kamu bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun bro sis. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk maksimalkan manfaat dari senam kegel ini diantaranya :

+ Motivasi diri sangat penting agar kamu bisa melakukan senam ini secara rutin.

+ Lakukan senam pada waktu yang sama setiap harinya, ketika duduk, berbaring, dan kondisi lainnya.

+ Selalu perhatikan perkembangan yang kamu rasakan.


Nah itu dia informasi penting mengenai Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel yang wajib diketahui dan bisa kamu coba sendiri. Selamat mencoba dan salam olahraga!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article