sfidn - Mengenal lebih jauh Suplemen BCAA

Mengenal lebih jauh Suplemen BCAA

sfidn.com – Mengenal lebih jauh dan semua tentang suplemen fitness BCAA. Suplemen BCAA adalah salah satu suplemen atau nutrisi olahraga untuk membantu membentuk otot tubuh. BCAA adalah akronim dari Branch Chain Amino Acid ( asam amino rantai cabang ), didalamnya terdapat kandungan Leucin, Isoleucin, dan juga Valin. BCAA membantu melindungi otot terhadap efek katabolic ( penyusutan otot ). Ayo ketahui lebih jauh tentang BCAA ini dengan membaca sampai habis artikel ini bro!

Semua tentang Suplemen BCAA


BCAA adalah asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Faktanya, selain bisa membantu perkembangan otot, BCAA juga mempunyai manfaat lainnya lho. Meski suplai makanmu dikurangi ketika melakukan program pembentukan otot, dengan mengkonsumsi BCAA, massa ototmu akan tetap terjaga dan terhindar dari penyusutan otot.

Tidak sedikit dari fitness mania yang mengurangi konsumsi makanan untuk menghindari kandungan lemak dan menurunkan berat badan sembari membentuk ototnya, padahal otot pasti akan membutuhkan energi lebih untuk proses pembentukannya. Ini akan menjadi masalah tentunya, dengan mengkonsumsi BCAA maka kamu akan mendapatkan jawaban dari permasalahn tersebut. BCAA bisa mencegah hilangnya massa otot, dengan catatan suplai makanan / nutrisi sehatmu tetap tercukupi. Mengurangi konsumsi makanan sedikit tidak masalah untuk program latihan ototmu.


Manfaat Suplemen BCAA

Beberapa manfaat BCAA yang tetap bisa menjaga proses metabolismemu meskipun kamu sedang tidak mengkonsumsi makanan :


  • BCAA akan tingkatkan sintesa protein : BCAA akan membantu menstimulan sintesis protein pada ototmu. Sintesa protein adalah proses metabolic ketika tubuh membuat protein otot baru dan penambahan massa ototmu.
  • BCAA akan mengurangi proses pemecahan protein : BCAA akan membantu mengurangi kecepatan pemecahan protein tubuh. Peningkatan sintesa protein dan penurunan pemecahan protein akan tingkatkan massa ototmu.
  • BCAA membuat latihan fitness semakin efektif lagi : BCAA akan mengurangi jumlah triptofan melalui blood brain barrier dan akan mengurangi jumlah produksi serotonin didalam tubuh. Hal tersebut akan membuatmu semakin kuat, dan lebih tahan dalam mengangkat berat beban yang berat bro.


BCAA bisa didapat dari Suplemen Whey?

Pertanyaan ini masih sering muncul dibenak beberapa fitness mania yang menganggap bahwa BCAA relative lebih mahal harganya dibanding suplemen whey. Suplemen Whey secara natural memang terkandung BCAA, tetapi kandungan BCAA pada whey ini terdiri dari asam amino rantai lain. Walaupun whey akan lebih cepat dicerna tubuh kita, tapi tetap membutuhkan beberapa waktu untuk proses pemecahan dan pemecahan asam amino di sel plasma. Berbeda dengan pure BCAA yang mana lebih cepat lagi diserap oleh darah manusia. Beberapa gram BCAA akan tingkatkan kadar lebih dari 30 gram whey sehingga lebih efektif untuk ototmu.

SFIDN Baca juga

 

Pengaruh BCAA terhadap kadar gula tubuh

Suplemen BCAA sangat berperan penting dalam proses pengaturan glukosa tubuh. BCAA akan dilepaskan dari organ liver dan organ internal manusia lainnya ke otot untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Dengan memiliki asam amino yang cukup akan membantu memperbaiki kadar glukosa dan insulin pada tubuh yang sehat. Saat kamu mempunyai kadar karbo, protein, dan asam amino yang seimbang saat dan setelah latihan, maka bisa menginduksikan respon insulin tubuhmu. Insulin ini akan membantu mengirimkan kandugnan amino ke seluruh sel untuk proses recovery otot yang rusak setelah berlatih keras.

 

Bagaimana cara konsumsi Suplemen BCAA

Tidak semua manusia membutuhkan dan wajib mengkonsumsi suplemen BCAA, kebutuhan BCAA dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran tubuh dan juga intensitas olahragamu. Berdasarkan penelitian kesehatan, jika kamu termasuk orang dewasa direkomendasikan untuk mendapatkan BCAA minimal 9 gram per hari ( wanita ), dan 12 gram per hari ( pria ). Selain dari konsumsi suplemen, kamu juga bisa mendapatkanya dari makanan berprotein tinggi.

Untuk kamu fitnessmania / atlet yang berlatih olahraga berat, kebutuhan BCAA tubuh pasti lebih besar lagi, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen BCAA sebesar 15 sampai 35 gram per hari nya.

Waktu terbaik mengkonsumsi suplemen BCAA adalah sebelum atau setelah melakukan aktivitas olahraga. Untuk memaksimalkan hasil latihan ototmu, kamu juga bisa mengkonsumsinya pada pagi hari atau sebelum tidur.


Perbandingan Manfaat antara BCAA, WHEY PROTEIN, GAINER, dan CREATINE

Sumber

BCAA

Whey Protein

Gainer

Creatine

Manfaat

Menyediakan asam amino tubuh, menjaga dan membantu recovery otot, dikonsumsi sebelum, saat, dan setelah berlatih otot sekitar 5 – 7 gram.

Meningkatkan proses sintesa protein untuk pembentukan otot dan recovery otot, dikonsumsi sebelum dan sesudah berlatih sebanyak 20 – 30 gram.

Mensuplai protein tubuh, lemak, dan karbohidrat untuk membentuk dan tingkatkan berat badan. Dikonsumsi sebelum berlatih dengan kadar bergantung dengan brand yang kamu pilih.

Membantu proses pertumbuhan dan mencegah lelah. Dikonsumsi sekali sehari dengan kadar sekitar 3-5 gram.

 

Nah itu dia informasi wajib yang wajib kamu tahu Semua tentang Suplemen BCAA, semoga bermanfaat dan bisa semakin lebih bijak lagi dalam memilih suplemen yang tepat untuk perkembangan otot dan program latihanmu ya bro! Salam Fitnes Indonesia!


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article