sfidn - Mengenal Otot Lengan Biceps dan Triceps

Mengenal Otot Lengan Biceps dan Triceps

sfidn.com – Kenali lebih jauh informasi tentang pengertian,fungsi,dan cara kerja otot lengan bicep dan tricep mu sekarang juga dengan membaca artikel kami berikut ini. Kedua otot ini adalah otot yang sering diidam-idamkan memiliki bentuk kekar dan ukuran yang besar oleh para fitnessmania / mereka yang melakukan fitness di gym. Dengan memiliki  otot lengan bicep dan tricep yang besar, maka dipastikan rasa percaya diri akan meningkat dan juga semakin bangga karena goal latihan otot tercapai dengan baik. Tapi untuk mendapatkan otot lengan bicep dan tricep yang besar, kamu wajib bekerja keras dalam berlatih dan tidak mudah menyerah dalam mendapatkannya. 

Sebelum membahas tentang latihan apa saja yang wajib kamu lakukan untuk membentuk otot lengan bicep dan tricep mu, kamu wajib mengetahui seluk beluk tentang kedua otot lengan ini bro!

 

Mengenal otot lengan bicep dan tricep

 

A. Pengertian otot lengan bicep dan tricep
 

1. Otot biceps (Upper arm)  adalah otot lengan yang besar berkepala caput dua, ini dikarenakan berorigo pada dua tempat yang beda. Otot biceps terletah pada lengan atas kita. Kedua caput yang disebutkan diatas tadi terdiri dari Caput longum (caput panjang) dan Caput brevis (caput pendek). Otot biceps ini posisinya dekat dengan permukaan kulit kita sehingga cukup mudah untuk kita lihat. Biasanya otot bicep ini sering di show off (diperlihatkan) pada event binaraga. Bicep bisa terus berkembang lebih besar lagi dengan melakukan program latihan beban yang intens.

 

2. Otot triceps (Lower arm) adalah otot lengan berkepala caput tiga, ini dikarenakan otot ini terletak pada tiga tempat yang berbeda-beda. Otot triceps berada sepanjang lengan atas manusia. Ketiga caput tadi terdiri dari caput longum, caput medial, dan caput lateralis.  

Otot triceps ini merupakan otot lengan bagian belakang. Otot ini cukup susah dibentuk dengan latihan biasa, tetapi bisa kamu miliki dengan melakukan program latihan otot yang intensif di gym favorit kalian.
 



 

--- Related Article ---

B. Fungsi otot lengan bicep dan tricep

1. Otot biceps mempunyai fungsi dasar melakukan gerakan menarik dan memungkinkan lenganmu untuk direntangkan atau ditekuk. Otot bicep bisa terlihat pada pose binaraga contohnya adalah pose : Front double biceps, back double biceps, front lat spread, side chest, dan must-muscular. Otot biceps ini  adalah salah satu jenis otot manusia yang sangat populer dilatih menjadi lebih besar dan lebih kekar. Peran otot bicep untuk olahraga lain, otot biceps yang kuat wajib diperlukan untuk mendapatkan prestasi di cabang olahraga voli, panjat tebing, panahan, mendayung, jiu jitsu, gulat, dan juga bowling.

 

2. Otot triceps memiliki fungsi untuk menahan beban pada sendi bahu dan ekstensi sendi siku manusia. Otot triceps dan biceps mempunyai persamaan keduanya sama-sama merupakan otot lengan, sedangkan perbedaan antara kedua otot ini terletak pada posisi / letak otot seperti yang telah dijelaskan diatas. Selauin itu, proses pembentukan otot triceps memiliki periode waktu yang lebih lama dari toto biceps. Mengapa demikian? Karena dalam melatih otot triceps membutuhkan teknik latihan dan latihan yang intensif di gym. 

 

C. Cara kerja otot lengan bicep dan tricep

Berdasarkan cara kerjanya, otot dibedakan menjadi otot antagonis dan otot sinergis, otot antagonis akan sebabkan terjadinya gerak antagonis ( gerak otot berlawanan arah ), otot sinergis sebabkan terjadinya gerak sinergis ( gerak bersamaan arah ). 

 

1. Gerak antagonis, contoh gerak antagonis ini merupakan kerja otot bicep dan tricep pada lengan atas dan lengan bawahmu. Untuk mengangkat lengan bawah, otot bicep berkontraksi dan otot tricep berelaksasi. Untuk turunkan lengan bawah, otot tricep berkontraksi, dan otot bicep berelaksasi.

 

2. Gerak sinergis, gerak ini terjadi jika ada dua otot yang bergerak kea rah yang sama. Contohnya adalah gerak tangan menengadah dan tangan menelungkup. Gerak ini terjadi karena kerja  sama antara otot pronator kuadratus dan otot pronator teres. Contoh lainnya adalah gerak tulang rusuk akibat kerja sama antara otot antara tulang rusuk saat kita bernafas.



Nah itu dia penjelasan lengkap tentang pengertian, fungsi, dan cara kerja otot lengan bicep dan tricep yang wajib kamu tahu sebelum memulai berlatih membentuk dan membuat otot lengan lebihi besar lagi bro, setelah mengetahuinya diharapkan kamu akan semakin semangat lagi dalam melakukan program latihan perbesar otot lengan setelahnya! Tetap semangat berolahraga dan semoga goal latihannya bisa tercapai dengan baik ya bro! Salam fitnessmania!

 

 
Tags:
#otot lengan  #bicep  #tricep 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article