sfidn - Otot Perut Sixpack

Otot Perut Sixpack

sfidn.com – Mempunyai otot perut sixpack (kotak kotak) merupakan salah satu target atau goals dalam berlatih otot perut untuk sebagian besar pria. Dengan mempunyai perut yang sixpack akan membuatmu semakin percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 
 

Penjelasan lengkap seputar Otot Perut Sixpack

Dalam mendapatkan perut sixpack ( sixpack abs ) mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Mengapa demikian? Alasan pertama adalah tentang kecenderungan biologis tubuh dalam menyimpan lemak tubuh. Tubuh manusia mempunyai kecenderungan untuk menyimpan lemak paling banyak di daerah perut. Alasan kedua adalah karena banyaknya kapasitas penimbunan lemak pada perutmu, hal ini artinya bahwa adanya tantangan untuk mempunyai otot perut yang terlihat jelas menjadi lebih besar pula. Alasan ketiga bahwa meski ada tantangan yang lebih besar seperti yang dijelaskan pada alasan nomor dua diatas, kamu tidak bisa menghilangkan lemak hanya pada satu bagian tubuh tertentu saja, dalam hal ini bagian perut. 


Sampai saat ini, menghilangkan lemak pada bagian tubuh tertentu / lebih sering dikenal dengan istilah spot-reduction adalah teori belaka tanpa bukti yang jelas. 
 

Untuk mendapatkan perut yang sixpack, ada rumus yaitu 3 x 3 = 6. Ada 3 elemen yang bisa didapat dari rumusan tersebut. 

Elemen 1 : Angka 3 pertama yang diartikan 3 elemen utama fitness yaitu : Aktivias fisik, pengaturan pola makan, dan istirahat.

Elemen 2 : Angka 3 kedua yang artinya 3 latihan spesifik otot perut yang harus kamu lakukan.

Elemen 3 : Angka 6 tang artinya SIXPACK.

 

3 Elemen utama fitness diantarnya adalah :

1. Aktivitas fisik

- Berlatihlah beban pada otot-otot utama tubuhmu, melatih otot utama tubuh seperti otot dada, punggung, bahu, lengan, dan otot betis akan memberikan kontribusi signifikan untuk perut yang lebih langsing. Selain akan tingkatkan metabolisme tubuh secara signifikan untuk waktu yang cukup lama, latihan fisik untuk otot tubuh yang lain juga sangat penting untuk membangun kekuatan otot perut dalam menjalankan latihan yang spesifik lainnya.

- Lakukan latihan kardio atau aktifitas aerobik, latihan kardio merupakan latihan yang bisa memungkinkanmu membakar lemak dan juga merangsang mitokondria (dapur pembakaran lemak tubuh manusia) agar menjadi lebih besar dan meningkat dalam segi kapasitasnya.

 

2. Pengaturan pola makan

- Konsumsi kalori yang lebih sedikit daripada kalori yang keluar, bakar lemak menurut kita semua untuk masuk dalam kondisi deficit kalori, dimana energi yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman lebih sedikit daripada energi yang keluar dari tubuh melalui aktivitas fisik. Prinsip ini sangatlah penting untuk memastikan terpakainya cadangan energi lemak dalam tubuhmu.

- Pastikan penyajian makanan yang sehat dan optimal, hindarilah cara memasak dengan menggoreng atau menambahkan minyak / mentega apabila tidak diperlukan. 

 

3. Istirahat

- Pastikan istirahat cukup, dengan mendapatkan istirahat yang cukup, otot,tubuh,dan otakmu akan lebih optimal dan akan terecovery lebih cepat setelah latihan.

- Hindarilah tidur terlalu malam, Berdasarkan pakar yang meneliti tentang sindrom tidur malam, disimpulkan bahwa setiap jam seseorang melewati jam tidurnya dia akan mengkonsumsi 118 kalori tambahan, dan jika dilakukan selama 1 bulan, maka sudah terjadi penambahan asupan kalori sebanyak 3540 kalori / sama dengan setengah kilogram lemak didalam tubuhmu.

--- Related Article ---

3 Latihan Perut yang dimaksudkan diatas diantaranya adalah :
 

1. Hanging Leg Raises

Lakukanlah latihan ini sebanyak 3 set x 20 repetisi.

Cara melakukan Hanging leg raises :

 

 

 

2. Decline Sit up / Crunch

Lakukanlah 3 x 20 repetisi.

Cara melakukan Decline sit up :

 

 

 

3. Machine Crunch

Lakukan sebanyak3 x 20 repetisi.

Cara melakukan Machine Crunch :

 

 

 

Kesimpulan

Mempunyai otot perut sixpack mungkin bukan segalanya, tetapi bukan berarti kamu tidak perlu mempunyai perut sixpack bro. Perut kotak-kotak bisa didapatkan oleh mereka yang mau dan berjuang untuk menjalankan gaya hidup fitness secara disiplin. Memang akan sedikit sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa kamu lakukan bro. Berjuang, disiplin dan pantang menyerah adalah kunci untuk mendapatkan PERUT SIXPACK impianmu. Selamat berolahraga dan salam fitness Indonesia!

 

 
Tags:
#otot perut  #sixpack 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article