sfidn - Tips memilih barbel fitness yang tepat

Tips memilih barbel fitness yang tepat

sfidn.com – Tips memilih berat barbell fitness di gym yang baik dan tepat dibawah ini merupakan hal yang perlu diketahui dan tidak boleh dilewatkan khusunya untuk kalian yang berencana memulai olahraga fitness di gym favorit untuk membentuk otot sehingga memiliki otot besar, kekar, dan atletis pastinya. Mulailah dengan memilih barbell yang memiiki berat barbell ringan, dan kemudian secara bertahap menambah berat barbell seiring dengan perkembangan latihan otot kalian untuk menghindari resiko terjadinya cedera pada otot.

Tips memilih berat barbel fitness yang tepat


1. Ketahui tujuan latihan angkat beban kalian.

Poin pertama merupakan dasar tips memilih barbell ketika olahraga fitness. Perlu diketahui bahwa barbell yang berat sangatlah cocok untuk program membentuk otot, sedangkan barbell dengan beban lebih ringan bermanfaat untuk menstabilkan otot yang mana bisa mendukung otot tendon dan persendian. Nah sekarang tergantung tujuan latihan angkat beban kalian, sudah dijelaskan diatas secara singkat manfaat dari dua jenis barbell untuk dua tujuan angkat beban. Tipsnya adalah dengan menentukan tujuan awal fitness dan fokus latihan dengan teratur.

2. Pilih barbell dengan berat yang sesuai dengan jenis latihan kalian.

Berbagai jenis latihan otot yang bisa dilakukan di gym, ini juga berbanding lurus dengan jenis barbell yang digunakan untuk latihan. Contohnya adalah jika kalian melakukan latihan curl dasar, barbell yang biasa digunakan memiliki berat sekitar 6.5 kg. Tetapi jika kalian melakukan latihan squat, kemungkinan besar barbell yang kalian gunakan memiliki berat sekitar 9 hingga 11 kg. Mulailah dengan berat barbell yang ringan dan fokus untuk membentuk otot dengan benar sebelum memilih barbell lain yang lebih berat.

3. Evaluasi latihan dan miliki personal trainer.

Disebagian besar gym fitness, pastinya terdapat personal trainer yang membimbing latihan otot agar bisa mendapatkan bentuk otot sesuai target. Jangan malu untuk meminta evaluasi latihan kepada mereka, jika kalian masih bingung dalam memilih barbell kalian juga wajib bertanya tentang barbell yang cocok untuk menghindari terjadinya cedera otot karena beban barbell yang berlebih.

4. Pilih barbell sesuai jenis kelamin kalian.

Biasanya pria memiliki kekuatan yang lebih pada tubuh bagian atas daripada wanita, pria secara umum memulai latihan otot dengan berat barbell sekitar 4.5 sampai 9 kg untuk melakukan latihan otot punggung dan otot dada. Sedangkan wanita memulainya dengan mengangkat beban barbell sekitar 2 sampai 4.5 kg dan fokusnya lebih kepada repetisi yang banyak dan lebih cepat. Tipsnya adalah dengan mencoba secara berkelanjutan menaikkan beban barbell dari berat awal yang telah disebutkan diatas menjadi lebih berat sesuai dengan perkembangan latihan tentunya.

SFIDN Baca juga


5. Pilih barbell sesuai kekuatan yang kalian punyai.

Proses menaikkan beban barbell secara bertahap sebanyak 0.5 sampai 1 kg seiring dengan kekuatan dan stamina yang bertambah. Misalnya jika kalian telah memulai latihan otot dengan beban awal 2 kg, kemudian kalian merasa memiliki kekuatan dan stamina yang bisa mengangkat beban lebih berat lagi, maka mulai tambahlah beban secara bertahap dengan jumlah yang telah disebutkan diatas. Jangan ‘sembrono’ langsung meningkatkan beban berkali lipat tanpa memperdulikan kemampuan tubuh kalian. Jika perlu catatalah perubahan beban barbell dan jumlah repetisi per latihan dari waktu kewaktu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Ketahui waktu yang tepat untuk upgrade beban barbell.

Sesudah mendapatkan barbell yang pas untuk melakukan latihan otot, coba pantai secara hati-hati tentang set dan repetisi yang bisa dilakukan secara terus menerus. Jika sudah bisa melakukan repetisi melebihi target yang telah ditetapkan, langsung tingkatkan berat barbell.

7. Urutkan berat beban barbell dari yang paling ringan dan tambah beban ketika berlatih.

Poin terakhir adalah kesimpulan dari 6 poin sebelumnya. Dalam memilih beban barbell untuk membentuk otot atletis diperlukan beberapa pertimbangan (baca 6 poin diatas) dan juga melakukan penambahan berat beban secara bertahap semakin berat sesuai dengan berkembangnya kekuatan dan stamina otot tubuh dengan berat seiktar 0.5 sampai 1 kg secara stimultan.

Nah itu dia informasi tips dan trik lengkap sfidn tentang Tips memilih berat barbell fitness yang tepat yang bisa kalian implementasikan ketika mulai melakukan latihan otot di gym fitness favorit kalian. Latihan lah dengan semangat dan target  sehingga bisa mencapai goal mendapatkan otot yang kekar dan atletis, imbangi dengan konsumsi suplemen fitness untuk membentuk otot terbaik dari Abbott yaitu Abbott EAS Whey Protein 5 LBS terbaru halal IFANCA dan pastinya bisa membantu mendapatkan bentuk otot yang maksimal. Selain itu, lengkapi dengan istirahat yang cukup dan berkualitas. Dapatkan otot yang kalian impikan. Selamat mencoba dan salam olahraga!

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :

HP ( WhatsApp / Line )081319360455
LINE Official@sfidn (Pakai @)
Pin BBD53439D3

Atau klik Beli sekarang pada rekomendasi produk dibawah ini :


SFIDN Rekomendasi Produk


EAS Myoplex Whey Protein

ABBOTT EAS MYOPLEX WHEY PROTEIN 100% 5 LBS

Rp. 795,000

Beli Sekarang
EAS Casein

ABBOTT EAS MYOPLEX CASEIN 2LB

Rp. 565,000

Beli Sekarang
EAS PROTEIN BLEND

ABBOTT EAS MYOPLEX PROTEIN BLEND 2 LBS

Rp. 460,000

Beli Sekarang

 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article