sfidn - Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik

Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik

sfidn.com - Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik patut kalian coba saat setelah aktivitas fitness yang panjang. Kelelahan Otot atau DOMS (delayed onset muscle soreness) wajar dirasakan ketika kita melakukan aktifitas fitness, karena DOMS ini adalah respon alami tubuh untuk memulihkan serat otot yang rusak akibat latihan yang intensif.

Kelelahan Otot umumnya muncul setelah kalian mengubah pola latihan secara drastis, misalnya dengan berolahraga setelah lama tidak berolahraga, atau meningkatkan volume atau intensitas latihan. Tapi tenang, dibawah ini ada Tips untuk Mengatasi Kelelahan Otot atau DOMS yang bisa kalian implementasikan dengan tujuan mengurangi dan sebagai recovery Kelelahan Otot.


Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik


Dibawah ini adalah Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik saat Latihan diantaranya :


1.  Stretching

Pemanasan dan stretching sebelum memulai latihan akan membantu mempersiapkan tubuh kalian dan mengurangi efek DOMS. Luangkan waktu untuk melakukan gerakan peregangan dinamis (gerakan) dan diikuti dengan peregangan statis.


2. Pemanasan sebelum angkat beban

Langsung melakukan latihan beban tanpa persiapan yang cukup tak cuma membuat anda mengalami DOMS yang parah, tapi juga membuat otot, tendon dan ligamen rentan tertarik. Melakukan latihan kardio lebih dulu akan sangat membantu memanaskan otot kalian.


3. Hidrasi

Hidrasi penting sebelum dan selama latihan untuk mencegah kram dan mengurangi inflamasi dan kelelahan otot setelah latihan. Air mineral adalah pilihan yang paling baik untuk hidrasi. Jika latihan kalian cukup menguras keringat, tak ada salahnya meminum minuman yang mengandung elektrolit di samping air mineral.


4. Latihan dengan gerakan sempurna

Memperhatikan postur dan bentuk gerakan juga bisa membantu kalian mencegah DOMS yang tidak perlu. Mengangkat beban 25 Kg dengan sempurna akan lebih menguntungkan daripada mengangkat beban 50 Kg dengan bentuk yang buruk.


Dibawah ini adalah Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik setelah Latihan diantaranya :


1. Mandi Air Dingin

Tim olahraga profesional biasa mempunyai ruang mandi es untuk 'mendinginkan' para atletnya setelah latihan keras. Kalian juga bisa melakukan hal yang serupa dengan mandi air dingin setelah latihan untuk mengurangi gejala DOMS.


2. Menghangatkan Bagian Tubuh

Beberapa jam setelah sesi latihan yang intens, tempelkan heating pad atau sumber panas lainnya (misalnya sekantung air panas) pada bagian tubuh kalian. Hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dan melonggarkan otot yang kaku.


3. Nanas atau cherry

Nanas dan cherry mengandung bromelain, enzim anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi inflamasi otot secara signifikan. Kalian bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus yang segar.


Dibawah ini adalah Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik sehari setelah Latihan diantaranya :


1. Gerakkan otot yang kaku

Sehari setelah latihan, tetap gunakan otot yang sama untuk bergerak tanpa membebaninya. Ini dapat membantu mencegah otot kalian nyeri lebih jauh.


2. Kompres Es

Selain mandi air dingin, mengompres es pada otot yang lelah juga dapat mengurangi rasa sakit yang dialami otot kalian. Ini karena es dapat mengurangi inflamasi pada otot.


3. Melakukan pijat mandiri

Pijatan adalah perawatan yang menyenangkan bagi otot kalian yang sakit. Tapi, jika otot kalian terasa sangat nyeri setelah latihan keras, membiarkan seseorang memijat mungkin dapat membuat kalian akan berteriak. Makanya, pijat mandiri lebih dianjurkan karena kalian dapat mengatur tekanannya. Pijatan dapat melemaskan otot dan mengurangi ketegangan.

Nah itu dia Tips Mengatasi Kelelahan Otot Terbaik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam olahraga!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article